Mohon tunggu...
Nestri Ani
Nestri Ani Mohon Tunggu... Mahasiswa - -

-

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa KKN-T Undip X Unicef 2021 Berikan Edukasi dan Sosialisasi tentang Pentingnya Vaksinasi Covid-19

28 November 2021   20:51 Diperbarui: 12 Desember 2021   22:06 33 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Grobogan (24/11) - Mahasiswa KKNT (Kuliah Kerja Nyata Tematik) Undip X Unicef tahun 2021 memberikan sosialisasi pentingnya vaksinasi Covid-19 dan meluruskan anggapan salah kaprah vaksinasi Covid-19 di Masyarakat Desa Kalipang, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Vaksinasi Covid-19 merupakan salah satu upaya dalam menekan penyebaran Covid-19 secara efektif. Dengan di vaksin, seseorang akan memiliki kekebalan spesifik terhadap penyakit tertentu. Saat ini, Pemerintah terus mengencarkan program vaksinasi gratis yang dapat diikuti oleh masyarakat umum dimulai dari usia 12 tahun ke atas.

Vaksinasi Covid-19 yang beredar dimasyarakat masih terdapat permasalahan didalamnya yakni banyaknya informasi yang simpang siur tentang vaksinasi Covid-19 di masyarakat sehingga hal ini membuat sebagian masyarakat khususnya dikalangan Ibu-ibu Rumah Tangga memilih untuk tidak andil dalam program vaksinasi Covid-19 dengan berbagai alasan. 

Vaksinasi Covid-19 mulai diminati masyarakat karena muncul kebijakan pemerintah yakni bahwa diwajibkannya sertifikat vaksin Covid-19 sebagai syarat berkegiatan, dan akhir-akhir ini muncul kebijakan pemerintah diwajibkannya sertifikat vaksin Covid-19 untuk bisa terus mendapatkan bansos dari Pemerintah sehingga mau tidak mau masyarakat terpaksa mengikuti vaksinasi Covid-19 walaupun masih ada keraguan didalamnya.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menerbitkan Buku Saku yang berisi tanya jawab seputar vaksinasi Covid-19. Panduan tersebut perlu disosialisasikan kepada masyarakat khususnya Ibu-Ibu Rumah Tangga supaya dapat mengetahui tentang pentingnya vaksinasi Covid-19, membantu untuk keluar dari masalah keraguan dan keterpaksaan masyarakat terhadap vaksinasi Covid-19 dan meluruskan anggapan salah kaprah vaksinasi Covid-19. 

Program sosialisasi dilaksanakan secara tatap muka dengan mendatangi masing-masing rumah Ibu-Ibu Rumah Tangga RT 003/001 Dusun Kalipang Desa Kalipang dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan memberikan booklet yang membahas pentingnya vaksinasi Covid-19.

dokpri
dokpri

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan paparan menggunakan  media booklet. Materi yang disampaikan yaitu  Ibu-Ibu Rumah Tangga antusias mendengarkan dan berdiskusi. Program ini disambut dengan baik oleh Ibu-Ibu rumah tangga RT 003/001 Dusun Kalipang, Desa Kalipang dan melalui program ini diharapkan lebih paham vaksinasi Covid-19 dan diharapkan nantinya dapat mengajak anggota keluarganya untuk mensukseskan program vaksinasi Covid-19.

Penulis : Nestri Fitriyani (Agribisnis)

Dosen : Dr. Dra. Ayun Sriatmi, M. Kes.

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan