Mohon tunggu...
Nenti Sulfia
Nenti Sulfia Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Menulis

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Diskusi Covid-19 yang Mampu Mengubah Pola Pikirku untuk Bisa Menjadi Tenaga Promosi Kesehatan yang Baik

28 Maret 2020   15:40 Diperbarui: 28 Maret 2020   15:50 122
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Diskusi dengan tema "Waspada Covid-19,Mari Mencegah Sejak Dini",diskusi ini dilakukan secara online malalui grub WA yang bertujuan untuk mengkaji lebih lanjut terkait masalah covid-19 yang terjadi saat ini. Diskusi dengan jumlah peserta kurang lebih 200 peserta ini di laksanakan pada hari Jumat 27 Maret 2020,dari 200 peserta tersebut terdiri dari berbagai daerah dan berbagai Universitas diantaranya yaitu: Universitas Negeri Sumatera Utara,Universitas Halu Oleo,Universitas Muslim Indonesia,Politala,Polteken Kemenkes Medan,Universitas Jenderal Soedirman,UIN Suka Jogja,UMS,Stikes Nurliana Medan dan ada beberapa Unuversitas lainnya.

Pemateri dalam diskusi ini adalah Wa Ode Sri Andriani,sekilas tentang pemateri yaitu lahir di Bonea 25 Juni 1995. Pemateria adalah salah satu lulusan Kesehatan Masyarakat Universitas Halu Oleo dengan Konsentrasi Promosi Kesehatan dan sekarang sedang melanjukan studi S2 di IKM Universitas Indonesia.

Dalam diskusi kali ini materi yang dibahas mengenai Covid-19,bagaimana penularan dan pencegahan Covid-19,dan siapa orang yang lebih rentan terkena Covid-19 serta kondisi terkini Covid-19 di Indonesia. Dalam pemaparan materinya untuk saya pribadi menarik dan sudah tersrtruktur serta saya bisa lebih mudah memahami apa yang disampaikan karena bahasa yang di gunakan cukup ringan sehingga mudah untuk diolah. Namun,beberapa peserta mungkin merasa bosa karena pemaparan materi memiliki jeda waktu yang cukup lama hal ini terkendala karena pemateri harus mengetik terlebih dahulu agar bisa memaparkan materinya.

Saya sangat berkesan mengikuti diskusi ini karena materi yang disampaikan bisa menambah pengetahuan kita dan bisa merubah pola pikir kita agar tidak terlalu panik dalam menghadapi masalah Covid-19 namun harus tetap waspada,ditambah lagi pemateri yang ramah dan di usia yang masih muda dia sudah berani membuat acara seperti ini yang menurut saya itu pencapaian yang luar biasa dan dia sudah mampu menerapkan ilmu promosi yang dia dapatkan selama ini. Pesan saya untuk pemateri mungkin akan lebih baik jika meterinya dirangkum jadi satu terlebih dahulu agar saat penyampaian materi tidak terjeda.

Jika saya diberi kesempatan untuk menjadi pemateri dengan tema yang sama,pastinya saya akan memanfaatkan ilmu promosi saya dengan baik untuk bisa menarik minat orang agar mau mengikuti acara yang saya buat,karena saya ingin acara ini diikuti dari berbagai daerah dan dengan jumlah peserta yang lebih banyak,saya akan menyiapkan materi sebaik mungkin karena saya ingin peserta mudah memahami materi yang akan saya bawakan,selain itu saya juga akan meminta beberapa pendapat pada senior-senior yang sudah berpengalaman dalam melaksanakan acara seperti ini agar bisa lebih bagus dalam menyampaikan materi.

Nenti Sulfia

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun