Mohon tunggu...
Neno Anderias Salukh
Neno Anderias Salukh Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pegiat Budaya | Pekerja Sosial | Pengawas Pemilu

Orang biasa yang menulis hal-hal biasa

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Vinicius Jr, Martin Luther King di Lapangan Hijau

1 November 2023   06:39 Diperbarui: 2 November 2023   12:45 795
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Vincius Junior saat jadi korban rasisme di Stadion Mestalla. (Foto: AFP/JOSE JORDAN via KOMPAS.ID) 

Vinicius Junior atau yang dikenal dengan Vinicius Jr, dinobatkan sebagai pemenang Socrates Award di malam penganugerahan Ballon D'Or, salah satu ajang penghargaan kepada para pemain sepak bola yang memiliki prestasi luar biasa di lapangan hijau.

Nama Socrates  diambil dari nama salah satu pesepak bola asal Brazil bernama lengkap Socrates Brasileiro Sampaio de Souza Vieira de Oliveira. 

Pemain yang dikenal sebagai Socrates ini selain sebagai pesepak bola, ia juga seorang dokter dan kolumnis surat kabar yang terus bekerja dan bersuara untuk kemanusiaan. 

Socrates menjadi sumber inspirasi kepada para pesepakbola untuk memiliki tanggung jawab sosial di masyarakat.

Penyerang sayap kiri milik Real Madrid ini merupakan pemain kedua yang menyabet trofi Socrates Award setelah Sadio Mane ketika masih berseragam Liverpool. 

Sadio Mane dan Vinicius dikenal bukan hanya sebagai sosok yang pandai mengolah bola di atas lapangan dan menjadi gol tetapi kepedulian mereka terhadap isu-isu sosial di kampung halaman mereka.

Sadio Mane membangun sekolah dan rumah sakit untuk menolong orang-orang tidak mampu di Bambali Senegal sedangkan Vinicius membangun sekolah di Brasil. 

Socrates Award merupakan penghargaan yang pantas kepada kedua pemain ini karena mereka adalah pesepak bola yang bukan hanya memiliki prestasi di dalam lapangan tetapi juga memiliki tanggung jawab sosial di masyarakat. 

Vinicius Jr membangun sebuah lembaga pendidikan bernama Instituto Vini Jr sejak ia berumur 19 tahun dan tahun ini ia memiliki target yang luar biasa yaitu membangun 15 Sekolah, 10.000 siswa dengan melibatkan 500 orang guru. 

Bagi Vinicius, pendidikan dapat membawa sebuah transformasi dalam dunia sehingga dia menginvestasikan hidupnya untuk membawa pengaruh bagi masyarakat sekitar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun