Mohon tunggu...
Neno Anderias Salukh
Neno Anderias Salukh Mohon Tunggu... Petani

Berwajah Preman, Berhati Malaikat

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Artikel Utama

Mengenal Lionfish, Ikan yang Berpotensi Menyembuhkan Kanker Serviks

23 Agustus 2019   20:10 Diperbarui: 31 Agustus 2019   01:13 0 12 4 Mohon Tunggu...
Mengenal Lionfish, Ikan yang Berpotensi Menyembuhkan Kanker Serviks
Ikan Lionfish (Sumber: pxhere.com)

Lionfish memiliki potensi untuk menyembuhkan kanker. Seberapa dekatkah Anda dengan Dangerous Beautiful ini?

Baru-baru ini tiga orang siswa di Kalimantan menemukan Pohon Bajakah yang memiliki potensi untuk menyembuhkan kanker payudara. Temuan tersebut dipresentasikan melalui karya tulis dalam Invention Creativity (WICO) di Seoul, Korea Selatan, pada Juli lalu. Menarik, Karya tulis kedua siswa SMA 2 Palangka Raya itu berhasil meraih medali emas dalam World Invention Creativity Olympic (WICO) di Seoul.

Tidak kalah dengan ketiga siswa di Kalimantan, tiga mahasiswa Jurusan Teknik Bioproses Fakultas Teknik Universitas Indonesia, yaitu Mustika Sari, Sarah Salsabila, dan She Liza Noer mendapatkan pembiayaan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk meneliti tentang racun yang dimiliki lionfish yang berpotensi menyembuhkan kanker serviks.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa racun duri ikan lionfish memiliki zat peptida yang memiliki aktivitas antiproliferatif terhadap sel kanker dengan mekanisme induksi apoptosis, yaitu proses penghambatan proliferasi sel kanker secara selektif.

Hasil penelitian ini sedang dalam tahap persiapan presentasi di ajang Pekan Ilmiah Mahasiwa Nasional (Pimnas) yang akan diselenggarakan pada akhir Agustus 2019 di Bali.

Mustika Sari, Sarah Salsabila, dan She Liza Noer/(Dok. Kompas.com)
Mustika Sari, Sarah Salsabila, dan She Liza Noer/(Dok. Kompas.com)
Apa itu lionfish?

Lionfish merupakan salah satu ikan air laut yang mirip seperti singa sehingga disebut sebagai lionfish, tetapi ikan ini akrab dengan para nelayan dengan sebutan ikan Lepu Ayam karena bentuknya juga mirip dengan ayam. 

Ikan ini emang cantik sehingga tidak asing juga bagi para pecinta akuarium. Warna dasar ikan ini adalah hitam dengan membran sirip dan garis vertikal berwarna coklat kemerahan.

Ikan lionfish dengan tampilan sirip yang memukau. Foto : Wisuda/Mongabay Indonesia
Ikan lionfish dengan tampilan sirip yang memukau. Foto : Wisuda/Mongabay Indonesia
Cara perkembangbiakan lionfish adalah bertelur dan dibuahi oleh sel sperma yang kemudian terbungkus dalam sebuah kantong lendir. 

Di setiap kantong, terdiri dari hampir 20.000 butir telur dan akan menetas menjadi larva dalam waktu 36 jam. Kemudian larva tersebut bertahan hidup selama satu bulan dengan memakan hewan mikroskopis seperti plankton. Lalu memulai fase hidup yang baru menuju dewasa.

Lionfish dapat ditemukan di daerah tropis dan subtropis di bagian laut hindia selatan, pasifik selatan, dan laut merah termasuk perairan Indonesia yang memiliki panjang mencapai 45 cm dan dapat hidup dalam kurun waktu 15 tahun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x