Mohon tunggu...
Neno Anderias Salukh
Neno Anderias Salukh Mohon Tunggu... Penulis - Pegiat Budaya | Fasilitator Pendidikan | Kritikus Sosial

Most Viewed Content over 400.000 pageviews Kompasiana Award 2019

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Gara-gara Nomor Punggung, Modric Bisa Pergi?

18 Juni 2019   22:17 Diperbarui: 18 Juni 2019   22:31 114 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gara-gara Nomor Punggung, Modric Bisa Pergi?
Hazard vs Modric/sport.alpenews.al 

Dalam permainan sepak bola, skill mengolah bola dan menciptakan gol bukan satu-satunya hal yang diinginkan oleh para pemain. Seorang pemain memang akan berusaha menunjukkan skillnya untuk dikenal oleh fans sebagai identitasnya.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang selalu diperhatikan oleh pemain sebagai identitas untuk mudah dikenal atau lebih akrab dengan fansnya. Misalnya potongan rambut, warna rambut dan gaya berselebrasi.

Namun yang lebih unik dan menarik adalah penggunaan nomor punggung. Penggunaan nomor punggung sangat penting bagi seorang pesepakbola sebagai identitas yang melekat pada dirinya dan fansnya.

Untuk itu, pemilihan nomor punggung dilakukan secara tidak sembarang tetapi melalui sebuah analisa dan pemikiran yang matang sehingga nomor punggung tersebut memiliki arti atau makna yang penting.

Seringkali nomor punggung mengungkapkan naluri kehebatan seorang pesepakbola. Misalnya nomor punggung 7 di Manchester United yang dianggap keramat karena nomor punggung tersebut hanya digunakan oleh deretan pemain-pemain hebat seperti Beckham dan Cristiano Ronaldo.

Di Real Madrid pun demikian, nomor punggung 7 juga dianggap sebagai nomor keramat karena pernah digunakan oleh nama-nama seperti Butagrueno, Raul Gonzalez dan Cristiano Ronaldo dan beberapa pemain yang saya tidak sebutkan tetapi tidak kalah hebat dari ketiga pemain tersebut.

Dalam dunia sepakbola, nomor punggung yang sering dianggap nomor punggung hebat adalah nomor 7 karena mungkin sesuai dengan alasan yang sudah dipaparkan di atas. Nomor 8 juga demikian, dianggap keramat karena dipakai oleh pemain-pemain seperti Ricardo Kaka, Ozil, Kroos dan lain sebagainya.

Nomor punggung 10, dianggap sebagai salah satu nomor punggung yang keramat juga karena digunakan oleh Messi, James Rodriguez yang pernah menjadi top skor piala dunia dan Eden Hazard serta pemain lainnya.

Masih banyak yang tidak disebutkan satu persatu termasuk nomor punggung Neymar dan Bale dan sebagainya.

Polemik nomor punggung Hazard masih terus berlangsung hingga saat ini. Nomor punggung yang tersedia adalah nomor 13 tetapi dengan alasan identitas dan nama besar, Hazard menolak nomor tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN