Mohon tunggu...
Tety Polmasari
Tety Polmasari Mohon Tunggu... Lainnya - ibu rumah tangga biasa dengan 3 dara cantik yang beranjak remaja

kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, insyaallah tidak akan mengecewakan...

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Artikel Utama

Bubur Manado Ubi Ungu, Bergizi, Sehat, Tanpa Ribet

17 April 2022   13:08 Diperbarui: 20 April 2022   16:01 3071 23 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Ini ceritanya bubur Manado buatan saya. Dibilang "ceritanya" karena memang tidak seperti the real bubur Manado, makanan khas orang Manado. Pasti bedalah kalau orang Manado yang bikin.

Bubur Manado ini jadi hidangan sahur tadi di puasa hari ke-15, Minggu, 17 April 2022. Tiba-tiba saja ingin makan bubur Manado. Sepertinya, saya sudah lama juga tidak makan bubur Manado. Salah satu bubur kesukaan saya.

Tadinya mau masak tumis kangkung dan orek tempe. Simpel dan tidak butuh waktu lama. Tapi itu mah sudah biasa. Bukan hal baru. Sudah sering malah. Apalagi, sayur kangkung kesukaan anak-anak.

Tapi jadi berubah begitu saja. Sepertinya enak nih bikin bubur Manado. Kebetulan ada nasi sisa semalam, bahan-bahan yang lain juga ada:

400 gram nasi
1 buah jagung, dipipil,
100 gram kacang merah,
100 gram ubi ungu
1 ikat kangkung
50 gram ikan teri
Daun kemanggi secukupnya
3 siung bawang putih
2 siung bawang merah
1 batang sereh, geprek
1 ruas lengkuas
Asam jawa secukupnya
Garam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya
Biji pala secukupnya

Ya sudah, saya lantas mengolahnya. Nasi, jagung pipil, ubi ungu, kacang merah, saya satukan dalam panci. Lalu direbus sampai nasi hancur.

Kemudian tumis batang sereh, bawang merah, bawang putih, lengkuas, sedikit biji pala, yang sudah diulek. Lalu masukkan ke panci olahan bubur. Aduk-aduk deh. Tambahkan sedikit penyedap rasa, cicipi.

Kalau sudah matang, matikan kompor. Masukkan kangkung yang sudah disiangi dan dicuci. Masukkan juga daun kemanggi. Aduk-aduk. Sudah. Selesai.

Lalu saya bikin orek-orek tempe. Bahannya, 1 papan tempe ukuran sedang dipotong-potong kecil yang kemudian digoreng. 2 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 1 ruas lengkuas, diulek, lalu tumis. Masukkan tempe, aduk-aduk, masukkan 1  bungkus kecap ukuran kecil.

Selesai, lanjut bikin sambal terasi. Untuk bahannya, 5 cabai rawit, 5 cabai merah, 3 siung bawang putih, 2 siung bawang merah, 1 potong terasi, 2 buah tomat ukuran sedang. Semuanya digoreng, lalu diulek.

Terakhir, saya goreng ikan teri. Tuntas sudah. Siap dihidangkan. Kalau ditotal-total butuh waktu sekitar 30 - 45 menit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sehat dan Gaya Selengkapnya
Lihat Sehat dan Gaya Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan