Mohon tunggu...
Tety Polmasari
Tety Polmasari Mohon Tunggu... Lainnya - ibu rumah tangga biasa dengan 3 dara cantik yang beranjak remaja

kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, insyaallah tidak akan mengecewakan...

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Tanda-Tanda Akhir Zaman

29 Agustus 2021   13:57 Diperbarui: 29 Agustus 2021   14:08 161 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tanda-Tanda Akhir Zaman
Dokumen pribadi

"Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba". Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui". (surat Al-A'raf ayat 187)

Demikian pembuka kajian Muslimah group "AyoNgaji" yang membahas "Tanda-Tanda Akhir Zaman", Kamis (19/8/2021), yang disampaikan Ustadzah Hj Lissa Malike, Lc.

Dirunut dari hadist Al-Arbaun An-Nawawiyyah, diringkas dari Kitab Ibnu Rajab. Ada di hadist Arbain kedua tentang tanda-tanda akhir zaman.

Awalnya dikisahkan oleh Umar bin Khatab. Pada suatu hari kami berkelompok duduk di sisi Rasulullah SAW. Tiba-tiba datang seorang laki-laki yang mengenakan baju yang sangat putih dan berambut sangat hitam, tidak tampak padanya bekas-bekas perjalanan jauh, tidak terlihat kusut, dan tidak ada seorangpun di antara kami yang mengenalnya.

Laki-laki itu pun duduk di hadapan Nabi, yang dengkulnya saling bersentuhan karena saking dekatnya. Bukan duduk bersila. Kemudian laki-laki itu meletakkan tangannya di atas paha Rasullullah. Ia bertanya kepada Nabi Muhammad tentang Islam, iman, ihsan, dan hari kiamat.

(Rasul menjawab apa itu Islam, imam, ihsan. Yang ini tidak dibahas oleh ustadzah karena fokus pada pembahasan tanda-tanda akhir zaman)

Kemudian laki-laki itu berkata, "Ya Muhammad ceritakan padaku tentang hari kiamat." Rasul bersabda, "Yang ditanya tidak lebih tahu dari yang bertanya".

"Kalau begitu, beritahukan aku tanda-tanda hari kiamat," kata laki-laki itu.  Rasul menjawab, "Pertama, jika seorang hamba melahirkan tuannya. Kedua, engkau melihat seorang bertelanjang kaki dan dada, miskin dan penggembala domba, tapi berlomba-lomba mempertinggi bangunannya."

Kemudian orang itu berdiri dan pergi. Aku (Umar) berdiam sebentar. Kemudian Rasulullah bertanya, "Tahukah engkau siapa yang bertanya tadi Umar?"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...
Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan