Mohon tunggu...
Tety Polmasari
Tety Polmasari Mohon Tunggu... Bunda tiga dara: Putik Cinta Khairunnisa, Annajmutsaqib, Fattaliyati Dhikra

Menulis cara saya meluapkan segala rasa: gelisah, marah, bahagia, cinta, rindu, harapan, kesal, dan lain-lain.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Waspada Keluhan Kesehatan Pasca Sembuh dari Covid-19

30 Mei 2021   14:41 Diperbarui: 30 Mei 2021   14:46 110 10 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Waspada Keluhan Kesehatan Pasca Sembuh dari Covid-19
Dokumen pribadi


Para pasien Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh melalui hasil test PCR yang negatif, ternyata belum benar-benar sembuh. Banyak di antara mereka (penyintas Covid-19) masih mengalami keluhan-keluhan yang mirip saat dinyatakan positif Covid-19.

Berdasarkan studi World Health Organization atau Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), 1 dari 10 kasus Covid-19 berpotensi memiliki gejala yang berkepanjangan satu bulan setelah infeksi.

Penyintas Covid-19 mengalami keluhan kesehatan lanjutan setelah dinyatakan sembuh. Gejala yang dinamai Long Covid itu kini menjadi ancaman sekunder pandemi.

Di Indonesia sendiri dilaporkan sebanyak 63,5 persen penyintas Covid-19 masih menunjukkan gejala lanjutan. Gejala tersebut cukup menganggu dan dapat membuat produktifitas para penyintas menurun.

Dalam istilah medis, keluhan ini dinamakan dengan long covid syndrome atau sindrom paskainfeksi Covid-19. Yaitu, kondisi di mana gejala Covid-19 yang dialami tidak sepenuhnya pulih.

Jadi, tidak semua penyintas Covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh benar-benar tidak lagi mengalami gejala. Kondisi tersebut bisa berlangsung selama beberapa pekan hingga berbulan-bulan sejak awal seseorang tertular virus covid-19.

Long Covid-19 tidak hanya menghinggapi para penyintas pasca mengalami sakit yang berat, tapi juga bisa dialami penyintas yang bergejala ringan, bahkan tanpa gejala, namun telah terkonfirmasi sebagai kasus Covid-19.

Direktur RS Premier Jatinegara, dr. Susan Ananda, MARS (Dokumen pribadi)
Direktur RS Premier Jatinegara, dr. Susan Ananda, MARS (Dokumen pribadi)

Keluhan yang tidak kunjung usai ini sering disalahartikan sebagai kasus depresi akibat trauma terhadap pengalaman buruk setelah menjalani perawatan yang bisa memakan waktu cukup lama.

Sebenarnya ada banyak gejala yang bisa dialami oleh mereka yang terkena long covid ini. Namun, gejala yang paling sering dilaporkan setelah 6 bulan dinyatakan sembuh adalah kelelahan, jantung berdebar, penurunan fungsi kognitif, dan malaise setelah beraktivitas.

Malaise adalah istilah medis untuk menggambarkan perasaan lelah, tidak nyaman, dan kurang enak badan yang tidak diketahui apa penyebabnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x