Mohon tunggu...
Tety Polmasari
Tety Polmasari Mohon Tunggu... Bunda tiga dara: Putik Cinta Khairunnisa, Annajmutsaqib, Fattaliyati Dhikra

Menulis cara saya meluapkan segala rasa: gelisah, marah, bahagia, cinta, rindu, harapan, kesal, dan lain-lain.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Tilawah Bareng Online Solusi Saat di Rumah Saja

15 April 2021   13:24 Diperbarui: 15 April 2021   14:50 473 13 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tilawah Bareng Online Solusi Saat di Rumah Saja
Dokumen pribadi


Ada yang baru di Ramadhan hari ketiga di lingkungan tempat saya tinggal. Hari ini, Kamis (15/4/2021), ada TiBar hari kedua, tapi saya baru mengikuti hari ini karena telat join. Tidak apa-apalah. Biar telat asal selamat. Iya, kan?

"Mak, elo udah gabung sama grup tilawah? Gue udah. Ayo," kata kawan yang juga tetangga jauh saya, Dewi Syafrianis, kemarin.

"Belum. Harus kasih voice note yak," jawab saya.

"Udah mulai hari ini. Gue tadi baca berulang-ulang dulu. Buruan kirim suara merdu lo," katanya.

Dan, saya pun mulai bergabung hari ini.

TiBar atau tilawah bareng sesuai tadjwid secara online ini diadakan setiap hari selama Ramadhan usai shalat subuh selama 1,5 jam dan dipandu oleh guru tahsin ustadzah Zahra Faiza.

Kelas tahsin ummahat yang diselenggarakan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Ihsan ini sebenarnya ditujukan khusus untuk warga Permata Depok, kompleks tempat saya tinggal. Tetapi warga di luar Permata Depok juga bisa mengikuti jika memang ingin bergabung.

Syaratnya, harus lancar membaca Alquran. Sebelumnya, peserta harus menyetor bacaan surat At Takwir melalui voice note sesuai dengan tadjwid.

Mengapa harus lancar? Karena waktunya dibatasi. Chat room akan dipakai untuk TiBar di jam berikutnya dan kajian berikutnya yang waktunya sudah ditentukan.

Jadi, sebisa mungkin ketika peserta giliran tilawah tidak ada kesalahan dalam membaca. Kalau pun ada yang harus dikoreksi, hanya sedikit dan tidak lama yang dapat menyita waktu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN