Mohon tunggu...
Tety Polmasari
Tety Polmasari Mohon Tunggu... Lainnya - ibu rumah tangga biasa dengan 3 dara cantik yang beranjak remaja
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, insyaallah tidak akan mengecewakan...

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Kandungan Gizi Bakwan Kangkung yang Tidak Sesederhana Resepnya

29 Maret 2021   08:35 Diperbarui: 29 Maret 2021   08:39 622
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ini ceritanya bakwan kangkung. Ya, sebagaimana namanya, bakwan yang terbuat dari kangkung. Ini sih saya lagi iseng saja. Pagi-pagi, tiba-tiba saja saya ingin makan bakwan. 

Dimakan dalam keadaan hangat sudah terbayang nikmatnya. Biasalah, pagi-pagi, bahkan sedari subuh, saya sudah didera rasa lapar. Enak nih, makan bakwan.

Tapi, ternyata bahan-bahan untuk membuat bakwan di kulkas tidak ada. Kol, toge, wortel, bawang daung, eh tidak ada yang tersisa. Yang ada kangkung yang itu juga cuma tinggal seikat. Saya memang belum belanja-belanja lagi sih.

Ya sudahlah, saya manfaatkan saja kangkung untuk dijadikan bakwan. Bagaimana ya rasanya? Saya belum pernah bikin soalnya. Kalau bakwan bayam, pernah. Rasanya sih enak. Setidaknya anak-anak saya suka. Nah, kalau bakwan kangkung?

Okelah, mari kita, eh saya mencobanya. Kangkung saya cuci bersih, batang yang tua saya buang, lalu saya iris-iris, simpan diwadah. Lalu masukkan tepung terigu.

Karena tidak ada tepung bumbu, maka saya bikin dulu bumbunya. Dua siung bawang putih, 2 siung bawang merah, sedikit lada, dan 1 butir kemiri, saya ulek sampai halus. 

Kemudian masukkan ke dalam wadah berisi kangkung dan tepung terigu. Tidak lupa kasih sedikit garam, sedikit gula, dan sedikit penyedap rasa. Masukkan sebutir telur. Tambahkan sedikit air, aduk-aduk deh sampai rata. Adonan jangan terlalu encer.

Tinggal digoreng deh. Masukkan adonan dalam penggorengan yang berisi minyak goreng panas. Aduk-aduk hingga matang berwarna kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan. Selesai. Sajikan deh. Waktunya tidak sampai 30 menit kok.

Taraaa...jadilah bakwan kangkung ala chef bunda Tety. Saya coba enak juga ternyata. Saya tawari anak kedua saya. Katanya, sih enak. Apalagi dicocol dengan saos sambal. Saya coba pakai nasi, nikmat-nikmat saja. Alhmdulillah... Sepiring bakwan kangkung habis tidak bersisa.

Berdasarkan artikel yang saya baca di sini, kangkung adalah sayuran yang rendah kalori dan lemak yang mengandung vitamin yang cukup banyak, termasuk vitamin A, juga kaya akan antioksidan dan mineral.

Kandungan gizi pada kangkung lainnya adalah vitamin C, antioksidan yang larut dalam air dan membantu membebaskan oksigen dari radikal bebas, sehingga membantu melindungi tubuh dari banyak penyakit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun