Mohon tunggu...
Neneng RirisTariska
Neneng RirisTariska Mohon Tunggu... Mahasiswa

FEB UHAMKA 2020

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Peranan Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial

28 Oktober 2020   20:40 Diperbarui: 28 Oktober 2020   20:45 93 3 1 Mohon Tunggu...

Assalamualaikum, Wr. Wb

A. PERANAN BISNIS

Sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan bagian dari pada sistem bisnis dan pada dasarnya Indonesia adalah suatu masyarakat bisnis. Bisnis dapat didefinisikan sebagai segala aktivitas dari berbagai institusi yang menghasilkan barang dan jasa yang perlu untuk kehidupan masyarakat sehari-hari. Melalui aktivitas dari berbagai institusi tersebut, maka dapat diperbaiki atau ditingkatkan standar hidup masyarakat.

Institusi atau perusahaan ini menghasilkan produk dan menyediakan jasa dengan tujuan memperoleh keuntungan untuk meningkatkan aktivitasnya. Bila Perusahaan tidak mampu menghasilkan keuntungan, maka perusahaan tersebut tidak akan dapat melanjutkan kehidupannya. Serta, agar dapat memperoleh keuntungan, perusahaan harus memproduksi barang atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Perusahaan akan sukses bila sadar akan kebutuhan konsumen dan siap memuaskan kebutuhan tersebut. Oleh karena itu, konsumen sangat berperan, sebab dialah yang menentukan kapan dan berapa banyak yang akan dibeli dan dengan harga berapa.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa peranan bisnis ada dua, yaitu :

1. Memproduksi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

2. Sebuah perusahaan harus membuat peluang agar mendapatkan keuntungan untuk tetap berada dalam bisnisnya.

B. AKTIVITAS BISNIS

1. Produksi

Dalam pengertian luas, produksi berarti setiap aktivitas untuk memuaskan kebutuhan manusia. Produksi dapat dibedakan atas produksi primer, produksi sekunder, dan produksi tersier.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
VIDEO PILIHAN