Mohon tunggu...
Nenden Farhatunnisa
Nenden Farhatunnisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pentingnya Pendidikan Keterampilan untuk Anak Berkebutuhan Khusus

4 Oktober 2022   07:43 Diperbarui: 4 Oktober 2022   07:44 107 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

    Semua anak harus mempunyai pendidikan yang sama dan tidak melihat dari sisi ekonomi, keluarga, ras, ataupun fisik. Pendidikan sangat amat penting untuk semua anak karena bukan hanya sebagai sumber pengetahuan, pendidikan juga menunjukan mana yang baik dan mana yang buruk, belajar sopan santun, Budi pekerti, bersosialisasi dan masih banyak manfaat pendidikan untuk anak. Bahwasanya kita semua diciptakan sama, semuanya manusia diciptakan dengan kelebihan dan kekurangan masing - masing, baik dengan anak yang diberikan Tuhan kelebihan atau anak istemewa, mereka berhak mendapatkan pendidikan yang sama seperti anak seusianya. 

    Keterampilan merupakan salah satu pembelajaran, yang ada di SLB untuk anak berkebutuhan khusus. Selain pembelajaran umum, keterampilan juga menjadi pembelajaran yang sangat penting karena dididik untuk bisa mandiri. Pendidikan dan pelatihan keterampilan perlu diberikan kepada ABK sejak usia dini agar mereka bisa mandiri, peran orang tua dan sekolah sangat penting dalam pembelajaran keterampilan anak-anak berkebutuhan khusus yang diharapkan memiliki masa depan yang sama seperti orang-orang pada umumnya. Keterampilan disini juga membuka pengenalan terhadap dunia usahawan untuk Anak - anak istemewa. Pembelajaran karakter bagi ABK disini sebagai salah satu kurikulum yang diberikan pemerintah untuk mengasah keterampilan ABK.

    Pembelajaran keterampilan juga merupakan salah satu pembelajaran untuk lebih mandiri, dan juga mengajarkan bahwa mereka nanti akan hidup di masyarakat jadi harus bisa bersaing dengan umum, minimal untuk pribadinya sendiri dan tidak ketergantungan terhadap orang lain. Pendidikan keterampilan ini yang diterapkan di SLB diharapkan untuk anak - anak berkebutuhan khusus bisa menjadi bekal  agar bisa berdikari untuk masa depan mereka.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan