Mohon tunggu...
nelli amitasari
nelli amitasari Mohon Tunggu... Beautiful write

nama Nelli Amita Sari

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Cara Menggunakan Make up Untuk Pemula

13 Januari 2021   07:21 Diperbarui: 20 Januari 2021   10:13 120 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Menggunakan Make up Untuk Pemula
img-20210120-094454-883-60079cc78ede485447148c82.jpg

            Industri Kecantikan di Amerika lewat NPD Group mencatat pembelian kosmetik sebanyak 16 Miliar Dolar AS di tahun 2015, meningkat 7 % dari angka yang dihasilkan pada tahun 2014. Terlebih setelah media social booming, sehingga tren make up semakin diminati.  dilansir dari newbeauty.com. 2018. (Liputan6. FIMELA).

            Dari data diatas, pembelian dari tahun ketahun pun terus meningkat. Di Indonesia sendiri, industry kosmetik nasional mencatatkan kenaikan pertumbuhan 20 % atau empat kali lipat dari pertumbuhan ekonomi nasional pada tahun 2017. Kementerian Perindustrian, menurut Airlangga, telah menempatkan industry Kosmetik sebagai sector andalan sebagaimana tertuang dalam Rencana Induk Pembangunan Industri Nasionall (RIPIN) tahun 2015-2035. (Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Investor Daily).

            Faktor peningkatan jumlah pembelian kosmetik diantaranya untuk kebutuhan media social atau konten-konten yang sedang booming, seperti tutorial make up, review make up dll di chanel youtube dan para beauty blogger. Selain itu factor yang paling besar mempengaruhi adalah  kepercayaan diri. Seseorang cenderung akan lebih percaya diri ketika ia menggunakan polesan mmake up diwajahnya. Tidak bisa dipungkiri, sekarang semua orang menggunakan make up. Mulai dari remaja, dewasa, ibu-ibu, bahkan orang tua pun menggunakan make up.

            Dari factor tersebut, tidak semua orang bisa menggunakan atau mengaplikasikan make up dengan baik diwajahnya, ada orang yang memang benar benar mahir karena memang sudah terbiasa atau memang punya bakat dibidang make up, dan ada pula orang orang yang belum bisa atau hanya asal asalan saja dalam menggunakan make up, bias kita sebut dengan pemula. Maka dari itu berikut cara- cara make up yang baik untuk pemula.

  • Gunakan pelembab atau Skincare anda terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan Primer atau Foundation. Hal ini untuk perawatan kulit anda sendiri dan melindungi kulit anda dari terkena make up secara langsung. Jika ingin bias pakai Sunscreen juga. Namun sekarang produk make up sudah dilengjkapai dengan pelindung dari sengatan matahari secara langsung.
  • Aplikasikan Primer terlebih dahulu (opsional). Fungsinya agar make up bisa lebih tahan lama.
  • Kemudian gunakan Foundation yang biasanya anda gunakan. Sesuaikan ya dengan kondisi kulit anda, baik yang berminyak, normal atau yang kering.
  • Kemudian aplikasikan Bedak agar wajah terlihat lebih mate. Untuk kulit berminyak dianjurkan memakia bedak tabur agar make up lebih tahan lama.bisa memakai brus atau tutul bedak.
  • Gambar alis tipis tipis saja, agar penampuilan terlihat lebih natural. Jangan terlalu tebal dan terlalu hitam. Nanti kayak ibuk ibuk rumpi dideapan rumah.
  • Gunakan eyeshadow yang warnanya tidak terlalu mencolok. Gunakan warna yang kalem kalem saja agar hasilnya tak terlalu menor.
  • Aplikasikan blus on tipis tipis (warna apa saja).
  • Setelah itu gunakan lipstick di bibir anda dengan rapi.
  • Langkah terakhir adalah gunakan setting spray, agar make up tahan lama.

Langkah- langkah tersebut digunakan untuk orang yang baru mulai menggunakan make up dan digunakan untuk sehari hari saja, seperti ke kampus atau pergi jalan jalan biasa.  Hal yang terpenting dari make up adalah kepercayaan masing masing individu. Beda halnya ketika anda ingin pergi ke suatu acara formal seperti kondangan dan lain-lain. Tentu saja make up yang digunakan berbeda ketika pergi ke kampus atau sekedar jalan jalan biasa. 

Untuk itu para pemula harus banyak belajar. Di youtube bahkan banyak sekali tutorial-tutorial yang baik untuk make up, manfaatkanlah media sebaik mungkin. 

By : Nelli Amita Sari. Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam Unisnu Jepara

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x