Mohon tunggu...
Sid noise
Sid noise Mohon Tunggu... Jangan Mau di Bungkam

Akun subsidi

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Palestina dalam Kenangan

9 Agustus 2020   17:53 Diperbarui: 9 Agustus 2020   18:06 87 2 0 Mohon Tunggu...

Agama itu adalah salah satu unsur kebudayaan yang paling abstrak, susah di rubah, dan susah di goyahkan dibanding unsur budaya yang lain. Dan jika agama bersekongkol dengan politik, kekerabatan, kepercayaan yang sama - sama adalah unsur tidak bisa di rubah maka menjadi super tidak bisa di rubah. Jadi tanah itu di perjuangkan karena masalah agama, politik, identitas, sejarah singkat nya batas nya sungai efferat sampai sungai nil adalah milik bangsa israel / yahudi jika sudah tercapai itu semua barulah semesta alam akan terberkahi.

Kita tahu konflik israel palestina ini sangat banyak motif nya selain ekonomi, geopolitik karena wilayah ini merupakan wilayah paling strategis di dunia, jembatan 3 benua juga lumbung energi dunia. Kepentingan agama juga sangat terasa dalam konflik ini.

Kedua agama ini (islam dan yahudi) memang punya karakter  yang berbeda dengan agama lain paling dekat seperti dengan kristen apalagi dengan agama non theistik sangat berbeda sekali.

Konflik ini sangat panjang sekali bahkan orang banyak juga ketahui dari sejak masa ibrahim pun sudah muncul akar masalah konflik ini. Ibrahim berasal dari irak yang hidup sekitar 2700 tahun sebelum masehi. Di suatu hari ibrahim mendapat bisikan atau wahyu dari tuhan yang isinya,

"Tanah kan'an itu akan menjadi milik kamu dan keturunan mu"

Istimewa sekali bisikan nya
Muhammad wahyu pertamanya disuruh baca
Musa wahyu nya bikin perjanjian tertulis sama tuhan
Isya lumayan epic bisa bicara pas masih kecil buat ngebela ibunya.

Padahal ibrahim orang mesopotamia irak, ia mendapat kan tanah yang di janjikan tuhan pada nya di kan'an yang sekarang dipakai israel dan palestina untuk berperang. Batas wilayah nya dalam versi alkitab perjanjian lama yaitu sungai jordan ditimur sampai sungai nil di sebelah barat, di utara nya ada dataran tinggi lebanon di selatan nya teluk aqobah laut merah dan gurun arab.

Memang sejak dulu wilayah ini adalah wilayah yang sangat subur di timur tengah. Wahyu ibrahim ini berbeda dan bisa di bilang spesial dibanding dengan rekan nya yang lain sesama nabi.

Sedangkan ibrahim wahyu nya langsung terkait wilayah dan "sial" nya wilayah yang tuhan tunjuk adalah wilayah yang sudah di huni oleh banyak sekali bangsa. Singkat cerita ibrahim berangkat ke kan'an mulai bersosialisasi dan mengatakan kepada penduduk yang sudah ada sebelum nya bahwa tanah ini akan menjadi milik nya atas izin tuhan nya.

Konflik dimulai ketika ibrahim mempunyai putra ishaq punya cucu yaqub dalam versi al kitab yaqub bergumul dengan tuhan kemudian dia menang dan nama nya berganti menjadi israel / israil. Kemudian israel punya 4 istri dua diantaranya adik kaka dan statusnya mungkin juga yang dua merdeka dua lagi budak di dalam pernikahan ini israel di karuniai keturunan banyak yang laki - laki ada 12.

11 Dari 12 anak ini mereka di wariskan tanah yang satu lahi lewi tidak mendapat bagian karena dia jadi kuncen tempat suci atau imam nya, sebagai gantinya ada satu orang yang mendapat dua bagian tanah yaitu yusuf.

Disinilah bangsa yahudi dalam konteks sejarah mereka bahwa tanah ini memang di peruntukan kepada bangsa kami oleh tuhan karena kami bangsa pilihan tuhan, dan jika ada bangsa lain di sana mereka harus di hancurkan / di usir.

Kita beralih ke masalah penghancuran di dunia islam dan kristen mereka mengetahui bahwa sebelum ada bangsa israel, ada bangsa yang juga di hancurkan dari tanah ini dan sudah kita kenal dengan dosa Homo seksual dan Berhalanya kejadian itu di tanah kan'an.

Jadi dengan ini kita ketahui motif agama sangat kental dalam konflik ini karena jika dari sudut pandang sejarah bagaimana bisa konflik seperti ini dipicu hanya  gara - gara bisikan tuhan.

Momentum nya pada saat kepemimpinan musa dimana musa membawa keluar bangsa israel dari penjajahan fir'aun, ada masalah di sini karena bangsa israel yang bersama musa langsung memuja sapi dan perjanjian tuhan ini versi orang kristen menjadi batal makanya kristen membuat perjanjian baru karena menurut orang kristen perjanjian lama sudah di hujat, sudah di hianati oleh orang - orang yahudi, musa pun marah - marah dan gagal bangsa yahudi kembali ke kan'an.

Kemudian estafet kepemimpinan berlanjut ke daud dengan sedikit konspirasi bangsa israel berhasil merebut yerussalem dari pendudukan raja - raja sebelum nya dan di ceritakan jahat, inilah titik awal israel menjadi sebuah negara. Jangan samakan dengan israel sekarang karena dulu wilayaj israel masa pendudukan daud itu hanya sebuah benteng / keraton atau jika anda pernah pergi ke mall besar di jakarta seperti itu wilayah israel pada masa awal dengan daya tampung sekitar 2000 orang.

Daud digantikan sulaiman / solomon dimasa pemerintahan nya wilayah kecil yang di wariskan ayah nya dia kembangkan hingga batas efferat sampai sungai nil, dalam perjanjian lama saja batas nya dari jordan sampai nil, sulaiman mendobrak batasan perjanjian lama.

Sesuai dengan bendera israel sekarang garis biru dibawah dan di atas adalah batas wilayah yang di maksudkan kedua sungai ini di tengah nya ada lambang daud / berkelanjutan.

Jadi israel tidak akan berhenti berperang hingga wilayah yang mereka inginkan yaitu efferat sampai nil artinya sebagian irak, sebagian turqi, sebagian quwait, suriah, sebagian lebanon, palestina tentu, sebagian arab, sampai sebagian mesir.

Ini menurut Doktrin yahudi.

Waktu perang dunia ke 2 selesai inggris sangat berterimakasih kepada bangsa yahudi yang sudah membantu dalam hal pendanaan, sebagai gantinya pemerintah inggris meghadiahi tanah yang termasuk area jajahan nya.

Inggris : "karena jasamu aku kasih satu permintaan mau tanah, emas, rumah silahkan"
Israel : "saya mau tanah"
Inggris : "dimana"
Israel : " tanah kan'an" yang sekarang palestina
Inggris : "itu sudah ada bangsa nya di kongo disana subur orang nya masih sedikit gimana mau?"

Orang israel tetap mau nya ke tanah kan'an dan ini juga bukti bahwa motif nya bukan ekonomi.

Kembali lagi ke masa sulaiman jadi menurut versi yahudi pada akhir hayat nya sulaiman itu bermasalah dan di pertanyakan moral nya dan anak nya sulaiman sebagai pewaris menurut mereka tidak baik, sehingga kerajaan nya jadi pecah israel utara ibukota samaria di huni 10 suku dan di selatan ada suku yehuda dan benjamin ibukota yerusalem.

Israel utara menghilang setelah 200 tahun sulaiman wafat karena di habisi oleh bangsa asyria dari mesopotamia, orang - orang nya di bawa ke babylon di jadikan budak dan jejak bangsa yahudi utara pun tidak di ketahui lagi (punah). Suku benjamin dan yehuda masih bertahan di selatan israel maka ini yang menjadi awal dikenal nya yahudi jadi orang yahudi itu pecahan dari israel. Dan mereka satu satunya bangsa yang secata geneologis masih sampai kepada ibrahim menurut klaim mereka bangsa yahudi.

Dengan adanya klaim bahwa bangsa israel sudah menempuh perjuangan yang sangat berat sampai 10 suku bangsa nya hilang, israel pun semakin kuat tekad nya maka meskipun tanah yang sekarang dihuni oleh bangsa palestina misalkan di huni oleh bangsa jawa, mereka tetap akan memerangi nya dan perang baru akan selesai setelah mereka menang.

Beberapa ratus tahun kemudian datang muhammad dan dia juga mengklaim bahwa tanah itu bukan milik siapa saja yang penting beriman.

Islam dan kristen percaya bahwa siapa saja boleh tinggal di kan'an asal beriman tapi yahudi tidak demikian mereka tetap  kukuh dengan pendirian nya.

VIDEO PILIHAN