Mohon tunggu...
Sid noise
Sid noise Mohon Tunggu... Jangan Mau di Bungkam

Akun subsidi

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Miskonsepsi Mengenai Perang Salib

4 Agustus 2020   17:57 Diperbarui: 4 Agustus 2020   17:59 82 0 0 Mohon Tunggu...

Perang salib adalah perang yang terjadi di tahun 1000 - 1200 an yang melibatkan begitu banyak kekuatan di eropa. Sebenar nya perang nya tidak terlalu besar meski sangat panjang, tetapi perang ini menimbulkan kesalah pahaman sampai saat ini, karena di klaim perang ini sebagai perang agama.

Ini sengaja di pelintir untuk memprovokasi antara islam dan keristen. Di era reformasi gereja, kalangan protestan menjadikan isu perang salib sebagai salah satu cara untuk menyudutkan gereja. Di dunia modern kalangan radikal islam dan agama tertentu di gunakan sebagai pembakar semangat untuk memusuhi pihak lain. Disini kita coba melihat dari sudut pandang yang lebih luas.

Disini penulis berposisi sebagai makhluk yang tidak beragama.

1. Benarkah perang salib motif nya adalah agama?

Tidak sepenuh nya benar dan ini menjadi miskonsepsi paling utama. Ada beberapa versi mengenai perang salib  tapi dari sudut pandang jerussalem terjadi 8 kali dalam rentan waktu 200 tahun dengan catatan,


                     Menang                Kalah                   Imbang
Kristen                1x                       6x                           1x

Islam                   6x                       1x                            1x

Perang salib pertama dan kedua mungkin motif agama masih kental disana, tetapi perang setelah nya itu lain cerita.

Perang salib pertama di mulai ketika 100 - 120 pasukan dari eropa datang ke timur tengah dan menyerang jerusalem dengan dua alasan.

Pertama karena al hakim pada waktu itu sekitar tahun 1020 an menjarah situs - situs suci bersejarah milik umat kristen. Dan ini yang harus di pahami mengenai siapa itu al hakim.

Di dunia islam ada sebuah sekte yang di anggap menyimpang oleh sebagian muslim, namanya syiah. Saya sendiri tidak menganggap syiah menyimpang karena disini saya tidak beragama. Di dalam syiah sendiri mereka menganggap ada diantara nya menyimpang yaitu ismailiyah (syiah ismailiyah) di dalam ismailiyah ada lagi yang menyimpang menurut mereka yaitu duruz (syiah ismailiyah duruz) jadi ini penyimpangan di dalam sebuah penyimpangan. Duruz ini yang mendirikan nya adalah Al hakim yang menjarah situs orang kristen ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x