Mohon tunggu...
Neli laili
Neli laili Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Nothing is impossible

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Psikologi Perkembangan dan Teori Belajar

7 September 2022   22:56 Diperbarui: 7 September 2022   23:04 201
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mengapa?

Pengalaman tidak seperti dulu lagi...

Teman tidak nyambung lagi...

Emosi rasanya sudah berbeda...

Favorite berbeda dari yang dulu...

Sebagian nostalgia tidak akan bisa dirasakan lagi. Sekalipun bisa sudah berbeda. Karena circle kita sudah beda dan juga pemikirannya sudah berbeda lagi tidak seperti dulu lagi. Hal itu terjadi karena ada proses pertumbuhan pada manusia.

  • INTRODUCTION

Cabang psikologi yang berfokus pada bagaimana orang tumbuh dan berubah sepanjang hidup. Manusia itu berkembang dan bertumbuh. Lama-lama berbeda levelnya dari dahulu. Psikologi ini membahas waktu ke waktu  dan perkembangannya. Pada akhirnya kita bisa mengetahui perkembangan seseorang. Kita tidak bisa kembali ke masa lalu. Manusia berkembang menjadi lebih baik dan menuju kearah kesempurnaan. baik itu kesempurnaa berpikir, kesempurnaan memilih teman, dan juga kesempurnaan menjalani hidupnya. Yang tidak berubah itu disebut konsisten.

THE SCIENCE CONCERNING MANY CHANGE PROCESS AND LIFE-SPAN HUMAN DEVELOPMENT STABILITY. [papalia, et.al, 2009]

THE PROCESS TO PERFECT DIRECTION AND CANNOT BACK TO PREVIOUS PROCESS. [werner, 1969]

BRANCH OF PSYCHOLOGY THAT FOCUSES ON HOW HUMAN BEINGS GROW, CHANGE, ADAPT, AND MATURE ACROSS VARIOUS LIFE STAGES. [APA]

  • DOMAIN
  • Motoric
  • Perkembangan motoric bisa disebut juga perkembangan fisik. Setiap manusia pasti akan berkembang secara fisik. Puncak motoric manusia di usia 30 tahun. Setelah umur 30 tahun itu sudah berbeda, akan berubah menjadi kognitif
  • Kognitif
  • Perkembangan kognitif adalah perkembangan peoses mental seperti Bahasa, daya ingat, persepsi, masalah, pola pikir, dll.
  • Sosial
  • Sosial adalah tentang interaksi antara manusia dengan manusia lain. Kapan sih manusia berani membuka dunia prtemanannya? Secara umum, diusia 20 tahun ke bawah masih menyukai dengan dunia pertemanannya. Jika tidak pasti ada hal yang lain dari seseorang tersebut. Bisa juga disebut introvert, terkadang introvert bukan berarti seseorang yang pendiam.
  • Emosional
  • Setiap manusia pasti memiliki rasa emosional seperti: sedih, senang, marah, waspada, terkejud, dll. Kapan sih anak-anak bisa menaganalisi sesuatu? Pada usia anak-anak belum bisa menganalisis sesuatu karena usia anak-anak kognitifnya belum tinggi. Orang yang tidak belajar dari keslahan akan mengulangi kesalahan yang sama.
  • History
  • 1787 di Jerman menciptakan jurnal biografi bayi
  • 1787 -- 1897 dietrich tiedman mengobservasi perkembangan motoric, kognitif, bahasa pada manusia.
  • 1877 charles Darwin mengobsevasi perkembangan pada manusia. Dia mencatat segala sesuatu dan mengaupload ke public. Kemampuan orang barat mengadministrasikan catatannya mengakibatkan daerah itu sangat maju.Di level SD belum bisa merasaakan 2 emosional atau lebih.
  • 1920 menambah kajian pada usia dewasa dan penuaan. Dari anak kedewasa kareana di tahun itu tidak ada masa remaja. Pada saat itu banyak sekali anak-anak yang sudah menikah. Sehingga mengakibatkan perubahan masa anak-anak langsung masa dewasa.
  • Tahapan bidang kaijan
  • Prenatal development.
  • Sebelum dilahirkan.
  • Early childhood.
  • Anak usia dini
  • Middle childhood
  • Masa anak-anak pertengahan
  • Adolescence
  • Masa remaja
  • Early adulthood
  • masa dewasa awal
  • Middle adulthood
  • Masa dewasa pertengahan [paruh baya]
  • Older adulthood
  • masa manula

manusia paling sempurna menurut beliau ada pada usia early adulthood. Karena pada masa itu banyak manusia yang mengimpikan masa tersebut.

  • Apa yang dipelajari?
  • Kognitif
  • Bahasa.
  • Emosi
  • Sosial
  • Belajar
  • Lainnya.
  • Gender itu peran sosial kita. Contohnya: menyapu hanya tugasnya perempuan. Hal itu hanya dipengaruhi oleh budaya kita.
  • Mengapa ilmu perkembangan penting
  • Karena menghargai
  • Di usia anak masih cenderung membantah. Anak tidak perlu di marahi cukup dinasehati dengan baik-baik
  • Self
  • Lebih baik dalam mengadapi diri sendiri
  • Anak
  • Anak itu perlu dipahami maka akan mengargai. Kita tidak bisa dihargai kalua kita sendiri tidak bisa menghargai orang lain
  • Interaksi
  • Kita bahakan bisa menyampaikan sesuatu kepada orang yang tidak sepahm dengan kita.
  • Masalah
  • masalah ada tingkatannya tergantung perkembangan manusia

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun