Mohon tunggu...
Neli Amelia
Neli Amelia Mohon Tunggu... Newbie

Nelam

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan

3 Cara Menanggapi Kejahatan Perbankan

8 Mei 2019   23:33 Diperbarui: 9 Mei 2019   00:24 0 0 0 Mohon Tunggu...

Modus kejahatan di dunia perbankan selalu terjadi dimana-mana, mereka semakin berkembang dalam melancarkan aksinya untuk menipu para nasabah. Apalagi modus yang paling sering ditemui di lapangan adalah model skimming atau pencurian data nasabah. Maka itu, jangan sampai anda lengah dan terpengaruh tipu daya penjahat ini.  Apalagi, bulan ramadan menjadi bulan dengan arus kas yang sangat deras, maka hal itu sangat diincar para penjahat. Hal-hal yang dapat dilakukan untuk tindakan preventif, bisa dengan cara dibawah ini:

1. Selalu waspada saat mengambil uang di ATM 

Carilah atau jangan pernah sendiri untuk mengambil uang di ATM, ajaklah teman atau kalau bisa juga jangan terlalu pagi atau tengah malam untuk mengambil uang karena sangat berbahaya. Lalu, perhatikan mesin ATM, bila terlihat mencurigakan karena terdapat sesuatu yang mengganjal mesin, segera laporkan satpam. 

2. Abaikan sms atau telepon  undian berhadiah 

Pasti anda sering sekali mendapat sms seperti ini yang memberitahu anda bahwa menang undian xxx, yang lebih parah lagi sampai menelpon dan memaksa untuk membayar biaya administrasi, kalau perlu blokir nomor tersebut!. 

3. Selalu cek dan ricek 

Bila bertemu dengan orang yang menawarkan sebuah pinjaman atau produk perbankan, usahakan untuk mencari tahu terlebih dahulu kebenarannya.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x