Neli Amelia
Neli Amelia Mahasiswi

Berau, Kalimantan Timur

Selanjutnya

Tutup

Sehatsaatpuasa

Mencari Menu Takjil yang Enak dan Sehat

17 Mei 2018   22:57 Diperbarui: 17 Mei 2018   22:56 847 0 0

Takjil menurut masyarakat kita adalah makanan sebagai pembuka puasa. Tetapi makna sebenarnya takjil sendiri adalah menyegerakan atau mempercepat. Takjil berasal dari bahasa arab " Ajjala yuajilu ta'jiilan " yang memiliki arti menyegerakan berbuka puasa.  Dengan begitu, rasanya tidak pas jika berbuka puasa tanpa menyediakan menu takjil. 

Awali berbuka puasa dengan menu takjil yang sehat dan bernutrisi, agar pasokan dalam tubuh yang sempat berkurang dapat terisi secara optimal dengan mengkonsumsi makanan yang baik bagi tubuh. Jangan karena berpuasa menjadikan tubuh ingin balas dendam saat berbuka ya!. 

Jadi, menu takjil apa yang baik bagi tubuh ? 

Pertama, Buah-buahan, karena memiliki vitamin, kandungan air dan gula alami yang pastinya menyegarkan dan bisa mengembalikan stamina tubuh kita. Sebaiknya konsumsi buah dulu sebelum makan karena mudah dicerna oleh tubuh, jadi minum air putih dulu lalu makan buah dan sholat dijamin kamu nggak akan begah deh!. 

Kedua, Yoghurt, terdapat gizi yang seimbang dengan susu yang menjadikan yoghurt favorit sebagai menu takjil. Bedanya dengan susu. yoghurt ada asam laktatnya yang mengubah gula dalam susu, sehingga gampang dicerna dan memperlancar proses buang air besar (BAB). Sehabis makan yoghurt dijamin perut tidak akan begah, apalagi tersedia varian rasa yang beragam sehingga tidak hanya original saja. 

Ketiga, Bubur Kacang Ijo,  menu takjil ini banyak mengandung mineral, mangan, potasium, magnesium, folat, dan zinc, yang sangat berguna bagi tubuh. Kacang hijau berguna bagi tubuh karena dapat memperbaiki kerusakan di pembuluh darah yang diakibatkan oleh radikal bebas. Kacang hijau juga dapat mengurangi peradangan dalam tubuh karena mengandung antioksidan.

Tetap saja meski 3 menu takjil di atas memberikan manfaat baik bagi tubuh, namun disarankan untuk mengonsumsi sewajarnya saja. Karena segala yang berlebihan tidak baik bagi tubuh kita. 

Itu dia 3 jenis menu takjil sehat untuk menemani buka puasa, semoga bermanfaat!