Mohon tunggu...
Nela IkhtirozaLaeliyah
Nela IkhtirozaLaeliyah Mohon Tunggu... Peserta KKN Reguler DR 75

Ekonomi Islam 17 Uin Walisongo Semarang

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Hobi sebagai Solusi Salurkan Ide Bisnis Saat Pandemi Covid-19

22 November 2020   12:00 Diperbarui: 22 November 2020   12:09 13 4 1 Mohon Tunggu...

Semakin banyak waktu di rumah selama pandemi covid 19 dapat meningkatkan peluang untuk menekuni kembali berbagai jenis hobi. Masa pandemi covid 19 membuat kita menekuni hobi baru atau lama yang dapat memberi kesenangan dan memperkaya kehidupan. 

Melalukan hobi memberikan sesuatu yang menyenangkan jika dilakukan saat waktu luang serta mempelajari keterampilan baru. Semakin banyaknya waktu luang dirumah akan semakin sering kita menekuni hobi sebagai sumber penghilang stress di rumah. 

Di Indonesia sendiri, pandemi covid 19 membuat sejumlah hobi menjadi tren dan digemari cukup banyak orang. Selain bersepeda, berkebun menjadi hobi yang banyak dilakukan oleh masyarakat. Banyak ditemui toko dan penjual - penjual pot bunga yang laris dipasaran, hingga harus menyetok berpuluh hingga beribu pot setiap harinya. Karna semakin banyaknya peminat, hal tersebut bisa dijadikan ide bisnis dimasa pandemi ini loh. 

Melihat banyaknya orang di PHK serta meningkatnya pengangguran, hobi bisa dijadikan solusi ide bisnis. Kita tetap memiliki kepuasan tersendiri ketika kita melakukan kegiatan tanam menanam atau hobi lainnya ditambah kita bisa memenuhi kebutuhan ekomoni kita seperti berjualan pot atau alat dan bahan berkebun lainnya. 

Selain hobi berkebun, hobi lain yang bisa dijadikan ide bisnis adalah memasak. Banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari hobi memasak, seperti membuat makanan yang sehat dan berkualitas, melatih kreativitas, melatih kedisiplinan, dan menghilangkan stres. Bahkan tak jarang, dari hobi memasak ini kemudian bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Salah satu pilihan yang bisa dipertimbangkan adalah dengan berjualan makanan online. Makanan adalah kebutuhan pokok, maka peluang usaha makanan, meski di tengah pandemi masih cukup besar. Usaha makanan yang bisa dijadikan inspirasi antara lain cemilan renyah atau manis, minuman botol kekinian, dessert box, lauk kering dan rice bowl.

Tak perlu khawatir jika belum pernah mencoba membuat jenis makanan diatas. Kalian bisa manfaatkan internet atau media sosial seperti youtube dan lainnya untuk mencari resep - resep yang kalian butuhkan. Disitu kalian bisa membaca dan melihat cara pembuatannya juga. Jadi berpandai - pandai dalam memanfaatkan waktu, berusaha diisi dengan kegiatan positif atau bekerja untuk tetap bisa pemenuhi kebutuhan pangan dan lainnya di masa Pandemi Covid 19. 

Penulis : Nela Ikhtiroza Laeliyah

VIDEO PILIHAN