Mohon tunggu...
Negara KITA
Negara KITA Mohon Tunggu... Keterangan
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Bio

Selanjutnya

Tutup

Politik

Syekh Abdus Shamad Dibaiat Habib Luthfi

11 Februari 2019   15:29 Diperbarui: 11 Februari 2019   17:10 0 2 0 Mohon Tunggu...
Syekh Abdus Shamad Dibaiat Habib Luthfi
Habib Luthfi dan UAS [Foto: IG @ustazabdulsomad]

Ustad Abdul Somad (UAS) adalah sosok yang fenomenal. Banyak orang yang mengenal ustad lulusan Mesir ini lewat video ceramahnya di YouTube. Kepopulerannya bahkan menyebabkan UAS digadang-gadang maju sebagai Cawapres di Pilpres 2019 berpasangan dengan Prabowo Subianto. Tapi lewat akun resminya di Instagram, Sekretaris Bahtsul Masa'il NU Riau 2009-2014 ini secara terang-terangan membantah isu tersebut. Dia tidak ingin terjun ke politik, ia hanya menginginkan tetap di dunia dakwah dan pendidikan. Sikapnya ini mendapat sambutan baik oleh banyak pihak. 

Sikap konsisten UAS berbuah manis. Pada hari Jumat 8 Februari 2019, dosen UIN Suska itu mendapatkan gelar Syekh dari Maulana Habib Luthfi bin Yahya. Kabar tersebut diumumkan lewat laman twitter resmi PB NU @nahdlatululama.

UAS berbaiat Thoriqoh Qodliriyah Wa Naqsyabandiyah oleh mursyid Maulana Habib Luthfi bin Yahya. Ini artinya, UAS dibaiat atau dilantik oleh muryid (seorang guru) dalam upayanya mendalami thoriqoh. Thoriqoh adalah salah satu kenaikan tingkat spiritualitas dalam Islam. Atas pembaiatan tersebut, Abdul Somad akan menyandang gelar baru dengan sebutan Syekh Abdus Shamad. 

Lantas, siapakah Maulana Habib Luthfi bin Yahya yang membaiat Abdul Somad? 

Maulana Habib Luthfi bin Yahya merupakan Rois Aam Jamiyyah Ahliththoriqoh Al Muktabaroh An Nahdliyah (JATMAN) NU. Ia adalah tokoh ulama yang memiliki kedekatan dengan Presiden RI Joko Widodo. Beliau juga tokoh ulama yang dihormati kalangan Nahdliyin dengan segudang ilmu yang diperoleh dari guru besar Islam di Mekkah dan Madinah. 

Sehingga peristiwa sakral pembaiatan Thoriqoh menegaskan peran Syekh Abdus Shamad sebagai bagian penting dari dunia dakwah Islam serta keluarga besar Nahdlatul Ulama. Semoga ilmu dam gelar yang didapat oleh UAS semakin mempertajam syiar Islam demi kemaslahatan umat. 

Sumber:

1. Berita Satu [UAS Kunjungi Habib Luthfi di Pekalongan] 

2. Detik [Sambangi Habib Luthfi, Ustaz Abdul Somad Diajak Kokohkan Dakwah Lewat NU]