Mohon tunggu...
Ndr. Ayu Nurdiana
Ndr. Ayu Nurdiana Mohon Tunggu... Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya

Jangan lupa tinggalkan komentar & saran yang membangun

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Gelar Makrab, IPMK Yogyakarta : Dari Kerinci Untuk Kerinci

23 Desember 2019   12:25 Diperbarui: 24 Desember 2019   10:45 14 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gelar Makrab, IPMK Yogyakarta : Dari Kerinci Untuk Kerinci
Dok. pribadi

Oleh : Ndr. Ayu Nurdiana

Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Kerinci (IPMK) di Yogyakarta sukses adakan malam keakraban tahunan pada sabtu-minggu (7-8 Desember 2019) berlokasi di Villa Airlangga, Kaliurang, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Makrab (malam keakraban) dibuka oleh para senior dari HKK-JJ (Himpunan Keluarga Kerinci-Jogja Jateng) sebagai alumni sekaligus para pencetus lahirnya ikatan pelajar dan mahasiswa Kerinci di provinsi D.I. Yogyakarta maupun di Jawa Tengah.

IPMK-Y yang berdiri sejak tahun 1987 ini merupakan wadah silaturahmi yang merangkul pemuda pemudi terbaik dari Kerinci jambi yang sedang atau telah menempuh pendidikan di Yogyakarta. IPMK yang berperan sebagai wadah organisasi kedaerahan mewadahi semua pelajar dan mahasiswa dari berbagai daerah di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh.

Serangkaian acara makrab tahun ini antara lain ; perkenalan anggota, sejarah terbentuknya organisasi, perkenalan pengurus, prestasi dan event apa saja yang pernah dilaksanakan, api unggun, senam pagi, sholat berjamaah, hingga memasak bersama.

Kegiatan yang tak kalah menarik adalah momen memasak makanan khas Kerinci, yaitu "Sambal Kubik/Kentang" yang digoreng kemudian dipadukan dengan ikan teri dengan dicampur sambal balado super pedas khas cita rasa masyarakat Kerinci. Menu seperti ini dipilih sebagai sajian makan malam tak lain dan tak bukan adalah sebagai sedikit obat kerinduan bagi para anggota yang rindu akan masakan rumahan ala kampung halaman.

Selain itu, makrab IPMK tahun ini juga diisi dengan berbagai hiburan, permainan, dan perlombaan berkelompok  yang bertujuan membangun solidaritas, keakraban, dan persaudaraan antar anggota sebagai satu keluarga besar anak rantau Kerinci di Yogyakarta.

"Sebagai pendatang yang baru bergabung, saya merasa sangat bangga bisa berada di tengah-tengah pemuda pemudi yang berjuang keras hingga ke Jogja membawa nama baik Kerinci. Semoga lambat laun anggota IPMK Yogyakarta semakin bertambah dan semakin jaya dengan adanya makrab seperti ini" ungkap Anche, mahasiswa baru asal Siulak.

Ketua IPMK Yogyakarta, Muhammad Alfin juga mengungkapkan "Selain sebagai ajang silaturahmi, makrab IPMK juga dilakukan sebagai bentuk re-fresh semangat para anggota setelah menempuh pendidikan serta mempertahankan rasa cinta terhadap kebudayaan Kerinci di tanah Jawa"(9/12).

Mahasiswa Kerinci di kampus UPN-Veteran asal Lolo ini juga berharap agar pemerintah kabupaten Kerinci, kota Sungai Penuh, dan provinsi Jambi berkenan untuk membantu mewujudkan mimpi IPMK-Y untuk membangun asrama, mengingat semakin pesatnya peningkatan jumlah pelajar Kerinci yang menuntut ilmu ke Yogyakarta pada setiap tahunnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x