Mohon tunggu...
Nandia Dea
Nandia Dea Mohon Tunggu...

Belajar produktif dengan menulis

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Tiga Masjid yang menambah Daya Tarik Malang

20 Mei 2018   23:29 Diperbarui: 20 Mei 2018   23:36 696 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tiga Masjid yang menambah Daya Tarik Malang
masjid-5b01a23a5e137365a6370a26.jpg

Menjelajah masjid? Siapa sih yang tidak suka apalagi di momentum ramadan ini terlebih ada banyak takjil gratis loh. Dan siapa sih yang tidak pernah datang ke masjid? Tentunya sebagai umat islam masjid adalah tempat agung yang sudah tak asing lagi. Kali ini penulis akan menyajikan tiga masjid di daerah Malang khususnya. Yuk simak, utamanya buat kalian yang saat ini berada Malang. Siapa tahu salah satunya favoritmu. 

1.  Masjid Tiban                   

Beralamat di Jalan Anggur, Sanarejo, Turen, Malang, masjid satu ini memiliki arsitektur megah bak istana dalam dongeng. Didominasi warna biru dan putih, masjid Tiban terlihat begitu mencolok. Berbagai tempat di masjid ini juga dihiasi dengan berbagai tulisan kaligrafi. Jika kalian mengunjungi masjid Tiban mungkin kalian tak akan berhenti memuji keagungan rumah Allah satu ini. Masjid ini tersusun atas 9 lantai dan kalian bisa menjelajahi lantai demi lantai menggunakan lift maupun tangga. Saking megahnya menyebabkan rumor beredar bahwa masjid ini dibangun oleh tentara jin. Padahal masjid ini merupakan karya para santri.         

Di masjid ini kalian juga dapat melihat beberapa binatang seperti kera, burung kakatua, burung cendrawasih, rusa dan binatang lainnya pada area khusus yang disediakan. Jadi buat para orangtua yang turut serta membawa anak mereka utamanya yang masih kecil bisa banget nih berkunjung di masjid ini. Paket pas untuk anak belajar agama dan binatang sekaligus.

2.  Masjid Jami                    

Buat kalian yang pernah mengunjungi alun-alun Kota Malang sudah pasti tidak asing dengan masjid satu ini. Terletak disebelah barat alun-alun Kota Malang, masjid ini menjadi tempat strategis bagi kalian yang masih berada di kawasan alun-alun ketika waktu sholat tiba. Cukup berjalan ke arah barat alun-alun dan kalian pun bisa menunaikan sholat di masjid agung ini. Main di alun-alun memang seru tapi tidak ada alasan untuk meninggalkan sholat ya apalagi ada masjid agung di sebelah baratnya. Lokasi lengkapnya berada di Jalan Merdeka Barat No.3, Kauman, Klojen, Kota Malang.               

Masjid ini juga dipercaya sebagai salah satu dari tiga masjid tua yang ada di propinsi Jawa Timur yang di anggap sebagai tempat Mustajabah (tempat dimana doa seorang hamba yang beriman akan dikabulkan oleh Allah SWT). Dua masjid lainnya yang dianggap sebagai masjid tua adalah Masjid Ampel Surabaya dan Masjid Jami' Pasuruan. 

3. Masjid Sabilillah                  

Masjid selanjutnya ini juga terkenal sebagai monumen perjuangan laskar sabilillah Malang. Karena dianggap sebagai sebuah monumen, arsitektur dari Masjid Sabilillah sangatlah penuh arti. Denga pilar utama sebagai penyangga berjumlah Sembilan buah sebagai penanda jumlah wali songo (wali Sembilan). Selanjutnya dikelilingi oleh 17 buah pilar kecil yang memiliki makna tanggal kemerdekaan Indonesia. Kemudian kubahnya berdiameter 20 meter mengisyaratkan sifat-sifat Allah SWT. Tinggi lantai mencapai delapan meter mengartikan bulan Agustus yang merupakan bulan ketika Indonesia merdeka, kemudian menara masjid setinggi 45 meter adalah sebagai simbol tahun kemerdekaan Indonesia.            

Pada  teras masjid terdapat sebuah prasasti kecil untuk mengenang perjuangan kemerdekaan yang dipelopori oleh alim ulama. Prasasti itu berbunyi: 'Masjid Sabilillah sebagai monumen perjuangan kemerdekaan RI 1945 yang dipelopori oleh alim ulama.' Masjid ini berada di Jalan A. Yani No.15, Blimbing, Kota Malang.          

Nah bagaimana, tertarik mengunjungi salah satu dari tiga masjid diatas? Ataukah salah satunya sudah menjadi favoritmu? Wah semoga masjid-masjid tersebut akan terus lestari hingga zaman anak cucu kita nanti ya.

Dan sampai jumpa di tulisan berikutnya.

VIDEO PILIHAN