Mohon tunggu...
Nazma SaniaRahmah
Nazma SaniaRahmah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Seorang mahasiswa aktif jurusan Sastra Inggris Universitas Sunan Gunung Djati yang mempunyai hobi membaca dan mendengarkan musik.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kegiatan untuk Menerapkan Nilai Profil Pelajar Pancasila di Lingkungan Sekolah

4 Desember 2022   22:12 Diperbarui: 4 Desember 2022   22:25 164
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar oleh  Dina Mardiah

Pada Tahun 2022-2023 Kurikulum pembelajaran telah diubah dari kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka merupakan metode pembelajaran yang berkaitan dengan bakat dan minat. Siswa dapat memilih mata pelajaran  yang mereka inginkan sesuai dengan minat mereka. 

Dalam kurikulum merdeka diterapkan nilai-nilai pancasila kepada pelajar, karena pancasila adalah pandangan hidup rakyat Indonesia. Maka dari itu pelajar harus mampu menerapkan nilai-nilai pancasila yang terdiri dari nilai keimanan, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri, bergotong royong, bernalar kritis dan kreatif.

Makadari itu aktivitas yang dianjurkan untuk menerapkan nilai-nilai pancasila kepada siswa yaitu "BERBUKA PUASA SUNAH SENIN/KAMIS BERSAMA" Kegiatan ini dapat dilakukan oleh sekolah satu bulan sekali, kegiatan ini dapat menerapkan nilai keimanan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu nilai akhlak mulia pun terdapat didalamnya, karena dengan puasa kita harus mengontrol diri kita agar tidak berbuat negative seperti marah atau sebagainya, gotong royong pun dapat dilakukan dengan cara mempersiapkan hidangan untuk berbuka puasa, itu dapat dilakukan perkelas masing-masing, nilai kreatifitas pun terdapat ketika para siswa mempersiapkan tempat dimana acara berbuka puasa itu akan diselenggarakan, menghiasi panggung dengan tema yang mereka rancang.

Contoh Rundown Acara Berbuka Puasa Sunah Senin/Kamis

H-3                      : Guru mengumumkan akan dilaksanakan acara buka puasa bersama di kelas masing-masing.

Hari Dilaksanakan

09:00-12:00       : Siswa melaksanakan lomba untuk mengisi kekosongan seperti lomba nasyid/pidato/sebagainya untuk meningkatkan nilai ke kreatifitas antar siswa.

12:00-13:00       : melaksanakan shalat dzuhur bersama dimasjid sekolah dan membaca al-quran untuk menerapkan nilai ketaqwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa.

13:00-15:00       : Sebagian siswa mempersiapkan takjil yang akan dihidangkan untuk berbuka nanti, sebagian siswa mempersiapkan dan merapihkan tepat berbuka hal ini untuk menerapkan nilai gotong royong.

15:00                   : melaksanakan shalat asar dan membaca al-ma'tsurat/ membaca asamaul husna bersama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun