Mohon tunggu...
Nur Azizah Delia Permana
Nur Azizah Delia Permana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Konten Edukasi

berisi konten edukasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Upaya Penguatan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19

30 Juli 2021   17:15 Diperbarui: 30 Juli 2021   17:40 111 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Upaya Penguatan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Selama    masa    pandemic    COVID-19 pembelajaran dirumah atau online menjadi  solusi melanjutkan  sisa  semester.  Pembelajaran online didefinisikan sebagai pengalaman transfer pengetahuan menggunakan video, audio, gambar, komunikasi  teks,perangkat  lunak (Basilaia  & Kvavadze,  2020) dan dengan  dukungan  jaringan internet (Zhu   &   Liu,   2020).   Ini   merupakan modifikasi  transfer  pengetahuan  melalui  forum website (Basilaia  &  Kvavadze,  2020)dan  tren teknologi  digital  sebagai  ciri  khas  dari  revolusi industry   4.0   untuk   menunjang   pembelajaran selama   masa   pandemic   COVID-19. Integrasi teknologi     dan ragam inovasi     ciri     dari pembelajaran   online (Banggur   et   al.,   2018). Selain   itu,   yang   terpenting   adalah   kesiapan pendidik  dan  peserta  didik  untuk  berintereaksi secara online.

Kegiatan KKN Tematik Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi MBKM pada Masa Pandemi dilaksanakan pada tanggal 1 sampai dengan 30 Juli 2021 dengan waktu yang ditempuh selama 120 jam. Lokasi kegiatan KKN Tematik MDBPE-MBKM di TK/RA Ramadhian I, Kecamatan Gedebage, Kelurahan Cisaranten Kidul, Kota Bandung.

Tanggal 17 Juli 2021 penulis menghubungi pihak sekolah sasaran terkait permohonan izin untuk melaksanakan kegiatan KKN Tematik. Pihak yang dihubungi yaitu Kepala Sekolah, dua guru sasaran, sepuluh orang tua iswa sasaran, dan sepuluh siswa sasaran dengan memberikan surat pengantar. Semua pihak yang sudah dihubungi memberikan sambutan yang hangat dan mengizinkan untuk melakukan KKN Tematik di sekolah tersebut. Setelah bersosialisasi terkait kegiatan KKN Tematik ini dengan dua orang guru sasaran, sudah di tentukan kegiatan yang akan dilakukan ialah :

  • Membantu guru dalam penguatan pembelajaran daring dengan membuat link Zoom Meeting untuk kegiatan KBM, membuat video kegiatan siswa yang dilakukan setiap minggu, mencari bahan materi untuk kegiatan tatap maya melalui Zoom Meeting,
  • Membantu siswa dengan memberikan pendampingan pembelajaran daring siswa dengan ikut berpartisipasi dalam kegiatan KBM di sekolah melalui Zoom Meeting,
  • Membantu memberikan pendampingan kepada orang tua dalam membimbing anak melalui pembelajaran daring dengan membagian beberapa pamflet edukasi cara membimbing anak dalam kegiatan pembelajaran selama masa pandemi Covid-19,
  • Membantu administrasi sekolah secara daring dengan mengkolektifkan tugas siswa.

Selama kegiatan KKN Tematik komunikasi antara guru, orang tua siswa, dan siswa hanya menggunakan whatsapp, dan Zoom Meeting. Karena sekolah sedang libur dan akan memasuki tahun ajaran baru, maka penulis diinstruksikan agar melaksanakan kegiatan mulai dari tanggal 19 Juli 2021. Tanggal 18 Juli 2021 penulis mulai mencari bahan materi penguatan pembelajaran daring untuk 10 orang tua siswa sasaran. Serta Mulai Mendesain pamflet terkait materi yang berjudul "Cara Menjelaskan Virus Corona Kepada Anak" dari slide satu sampai empat.

Kemudian pada tanggal 19 Juli 2021 penulis mengikuti KBM secara daring pertama kali dengan siswa, dan melakukan perkenalan. Penulis juga Melanjutkan dan menyelesaikan desain pamflet "Cara Menjelaskan Virus Corona Kepada Anak" slide lima sampai delapan. Pada tanggal 20 juli 2021 sekolah diliburkan karena bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha. Kegiatan dilanjutkan pada tanggal 21 dimana penulis diminta oleh salah satu guru sasaran untuk membuat pamflet "Hewan yang Dapat Dikurbankan" terkait tugas yang akan diberikan kepada siswa keesokan harinya. Kemudian pada tanggal 22 Juli 2021 dilaksanakan pendampingan pembelajaran daring yang kedua melalui Zoom Meeting dengan siswa TK/RA Ramadhian I dan membagikan pamflet "Hewan yang Dapat Dikurbankan". Tanggal 23 Juli 2021 membantu administrasi sekolah dengan mengkolektifkan tugas 1 yaitu video perkenalan dan hasil gambar hewan yang dapat dikurbankan. Kemudian tanggal 24 dan 25 Juli 2021 membuat video "Masa Taaruf dan Hasil Gambar Hewan yang Dapat Dikurbankan". Tanggal 25 Juli 2021 penulis diinstruksikan untuk membuat link Zoom Meeting KBM secara daring keesokan harinya. 

Berikut kegiatan penulis pada tanggal 26 Juli 2021 :

  • Dilaksanakan pendampingan pembelajaran daring kegiatan Motorik dengan tema "Aku Hamba Allah", sub tema "Identitasku", yang ketiga melalui Zoom Meeting dengan siswa TK/RA Ramadhian I. Siswa juga diminta untuk mempersiapkan kertas atau koran bekas.
  • Memberikan pendampingan kepada orang tua dalam membimbing anak melalui pembelajaran daring dengan membagian pamflet "Cara Menjelaskan Virus Corona Kepada Anak" melalui Whatsapp.
  • Membantu guru dalam penguatan pembelajaran daring dengan membagikan video "Masa Taaruf dan Hasil Gambar Hewan yang Dapat Dikurbankan" melalui Whatsapp.
  • Membantu administrasi sekolah dengan mengkolektifkan tugas 2 kegiatan motorik

Pada tanggal 27 Juli 2021 penyusun membantu guru dalam penguatan pembelajaran daring dengan membuatkan link Zoom Meeting untuk KBM keesokan harinya. Serta penulis juga membantu administrasi sekolah dengan mengkolektifkan tugas 3 "Menggambar dan mewarnai 5 balon, serta menulis angka 1 sampai 10". Pada tanggal 28 Juli 2021 membantu siswa dengan memberikan pendampingan pembelajaran daring siswa yang keempat dengan ikut berpartisipasi dalam kegiatan KBM di sekolah melalui Zoom Meeting serta menceritakan sebuah kisah yang berjudul "Cerita Si Korona", dan membantu administrasi sekolah dengan mengkolektifkan tugas 4 "Menggambar dan Mewarnai Tangan". Kemudian Tanggal 29 Juli 2021 penulis membantu administrasi sekolah dengan mengkolektifkan tugas 5 "Merapihkan tempat tidur, doa sebelum makan,menulis huruf A dan menggambar anak laki-laki dan perempuan". Tanggal 30 Juli penulis mulai mendesain video "Kegiatan KBM Secara Daring dengan Tema Diri Sendiri, dan Sub Tema Identitasku". 

Selama melaksanakan kegiatan KKN ini, tentu ada beberapa kendala yang dialami oleh penulis. Salah satunya pada saat pengkolektifan tugas dimana tidak ada pembatasan waktu pengumpulan tugas, mengakibatkan waktu pengumpulan jadi tidak teratur. Kemudian karena keterbatasan sinyal dari orang tua siswa, dan siswanya tersendiri setiap diadakan Zoom Meeting jumlah siswa yang hadir tidak sesuai dengan banyaknya siswa yang ada di daftar kelas. Untuk guru masih belum mengenal power point dan masih menggunakan gambar yang di print secara manual. Tetapi ada juga sisi baiknya ,untuk keaktifan siswa semua merespon tugas dengan baik dan mengerjakannya secara maksimal. Saat Zoom Meeting siswa sangat aktif dan merespon dengan baik. Kegiatan KKN Tematik yang dilaksanakan di TK/RA Ramadhian I, memberikan pengalaman berharga mengajar bagi penulis.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN