Mohon tunggu...
Nazilatul chusna
Nazilatul chusna Mohon Tunggu... Penulis blog

Mahasiswa Uin Maulana Malik Ibrahim Malang

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Kenali Jenis-jenis Temperamen pada Anak

18 Februari 2020   10:58 Diperbarui: 18 Februari 2020   10:57 25 0 0 Mohon Tunggu...

Sebelum kita membahas pengertian temperamen, apakah yang ada di pikiran anda tentang temperamen? Apa sifat pemarah? Apa seperti tantrum?
Yuk mari kita bahas tentang temperamen pada anak.

Temperamen adalah kecenderungan perilaku. Setiap anak memiliki kecenderungan perilaku yang berbeda-beda. Perilaku anak dapat dibedakan dengan cara anak merespon terhadap lingkungannya dan kepada orang lain. Temperamen bawaan dari genetik, sedikit banyak temperamen terbentuk dengan factor pengasuhan orangtua dan lingkungan sosial.

Temperamen bukan hanya soal anak itu suka marah-marah atau sulit dikendalikan saat marah, tetapi ada jenis-jenis temperamen yang harus diketahui oleh orang tua.

Yang pertama easy child, easy child adalah temperamen yang positif, dimana suasana hati anak yang baik. Anak yang memiliki temperamen easy child ini mudah dalam beradaptasi kepada orang asing, anak dengan tipe ini juga memiliki kegiatan yang teratur. Misalnya, anak bisa mencoba hal-hal baru dalam hal makanan dan lingkungan, anak juga tidur dengan teratur.

Yang kedua Difficult baby, temperamen ini merupakan tipe temperamen yang negative, anak cenderung memiliki suasana hati yang sulit diatur atau tidak bias teratur, sangat bertolak belakang dengan tipe temperamen easy child, jika easy child mudah dalam beradaptasi, difficult baby ini sulit menerima hal baru dalam hidupnya. 

Jika marah pun, anak dengan tipe ini suka meledak-ledak dan sulit dikendalikan. Tetapi anak dapat dikendalikan dengan cara pengasuhan orang tua dan lingkungan social yang baik.

Yang ketiga slow to warm up child, temperamen tipe ini adalah anak akan merespon sedikit lambat terhadap lingkungan barunya, bukan tidak menerima seperti tipe difficult baby yang akan menangis jika ada di lingkungan baru, tipe temperamen slow to warm up clild ini menerima lingkungan barunya tetapi sedikit lambat, bahkan dalam mengekspresikan sesuatu juga lambat. Anak yang memiliki tipe seperti ini cenderung pemalu dan susah dalam beradaptasi.

Jadi, temperamen bukan hanya anak suka marah-marah. Temperamen ada berbagai jenisnya yang harus diketahui oleh orang tua, agar orang tua memahami dan dapat mengetahui cara yang tepat untuk menghadapi anak.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x