Mohon tunggu...
NAUFAL helmy
NAUFAL helmy Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Sepak Bola adalah topik kesukaan saya

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Real Madrid Sang Penguasa Spanyol

16 Mei 2024   01:32 Diperbarui: 16 Mei 2024   01:58 112
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://twitter.com/RMFrench_/status/1790642988630090141/photo/1

Gelar Liga Spanyol musim 2023/24 resmi menjadi milik Real Madrid. Mereka mengunci gelar ke-36 Liga Spanyol setelah pertandingan Girona kontra Barcelona berakhir dengan kemenangan Girona dengan skor 4-2. Dengan hasil ini, kedua pesaing gelar dipastikan sudah tidak mampu mengejar poin Real Madrid. Dengan gelar ke-36 ini, Real Madrid semakin mengukuhkan diri sebagai raja Liga Spanyol, jauh meninggalkan rivalnya, Barcelona, yang memiliki 27 gelar.

Real Madrid merupakan tim yang sangat kuat di sepak bola Eropa dengan segudang trofi bergengsi dari kompetisi domestik hingga internasional. Klub ini memiliki penggemar yang dijuluki Madridistas, yang banyak jatuh cinta kepada Real Madrid karena prestasi gemilang di Spanyol maupun di Eropa.

Real Madrid adalah klub ibu kota Spanyol yang memiliki nama asli Madrid Club de Futbol. Klub ini didirikan pada tahun 1902, dengan kata "Real" yang berarti "kerajaan" dianugerahkan oleh Raja Alfonso XIII pada tahun 1920, bersama dengan mahkota kerajaan di lambang klub. Klub ini identik dengan seragam putih dan bermarkas di Stadion Santiago Bernabeu yang terletak di distrik Chamartin, kota Madrid.

Real Madrid memiliki sejarah yang sedikit kontroversial pada masa pemerintahan Jenderal Franco, seorang diktator yang kejam terhadap rakyat Catalunya. Pada masa pemerintahannya, rakyat Catalunya dilarang menggunakan atribut Catalan dan Bahasa Catalunya. 

Bagi Jenderal Franco, Real Madrid bukan hanya sekedar klub sepak bola, tetapi juga alat politik untuk memperkuat kekuasaannya. Real Madrid sukses meraih kejayaan di Liga Spanyol dan Eropa, sementara Franco mempertahankan kekuasaannya dengan mengangkat nama Real Madrid.


Perlakuan Franco yang keras terhadap rakyat Catalunya menciptakan persaingan sengit antara Real Madrid dan Barcelona, yang dikenal sebagai El Clasico. Hingga kini, persaingan ini tetap ada dan menjadi salah satu laga paling ditunggu dalam dunia sepak bola.

Pada era 2000-an, Real Madrid sering mendatangkan pemain bintang dari berbagai belahan dunia dengan harga fantastis, sehingga dijuluki Los Galacticos. Meski awalnya kesulitan meraih trofi, sejak 2009 Real Madrid mulai menunjukkan kehebatannya lagi dengan Los Galacticos, yang berhasil meraih berbagai trofi bergengsi di kancah domestik hingga Eropa.

Meskipun akademi Real Madrid kurang menghasilkan pemain bintang, banyak pemain top dunia yang ingin berseragam Real Madrid, memudahkan klub untuk meregenerasi pemain. Contohnya, pembelian Jude Bellingham dari Borussia Dortmund seharga 103 juta euro. Bellingham menunjukkan performa gemilang di musim pertamanya dengan 19 gol dan 5 assist.

Kini, Real Madrid melaju ke final UEFA Champions League melawan Borussia Dortmund, mantan tim Jude Bellingham. Pertandingan ini diprediksi akan seru, dengan Real Madrid yang lebih diunggulkan karena sejarah baik mereka di final UEFA Champions League.

Dengan 36 trofi La Liga dan 14 trofi UEFA Champions League, Real Madrid menjadi penguasa sepak bola Spanyol dan Eropa. Prestasi ini membuat banyak pemain bintang ingin bermain di Real Madrid. Meskipun memiliki sejarah klub yang kontroversial, banyaknya trofi ini menjadikan Real Madrid sebagai penguasa sepak bola Eropa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun