Mohon tunggu...
Naufal Faris
Naufal Faris Mohon Tunggu... hanyalah pelajar dan mahasiswa

hari ini harus lebih baik dari kemarin dan besok harus lebih baik dari hari ini, ini semua hanyalah opini saya belaka dan saya tidak terafiliasi oleh siapapun.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mengadakan Lomba RT Tangguh Sebagai Bagian dari Edukasi Masyarakat Tentang Pola Hidup Sehat Dan Siap Melawan Pandemi COVID - 19

5 Juli 2020   13:58 Diperbarui: 5 Juli 2020   14:40 27 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengadakan Lomba RT Tangguh Sebagai Bagian dari Edukasi Masyarakat Tentang Pola Hidup Sehat Dan Siap Melawan Pandemi COVID - 19
(Mahasiswa KKN UM di Desa Sukolilo)

Malang (20/06) - Mahasiswa Universitas Negeri Malang tetap melaksankan Kuliah Kerja Nyata ditengah pandemi COVID-19. Namun, hal tersebut tidak akan menurunkan semangat mahasiswa untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Sukolilo, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang tersebut. Tentu saja kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini dilakukan dengan mematuhi protokol-protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

                                                                                                                             

Dalam Kuliah Kerja Nyata kali ini Mahasiswa Universitas Negeri Malang melakukan banyak kegiatan di Desa Sukolilo. Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang ini yaitu melaksanakan kegiatan Penilaian lomba di RT Tangguh Desa Sukolilo. Adapun hal-hal yang dilakukan dalam kegiatan ini yaitu melakukan penilaian terhadap pos ronda pada setiap Rukun Tetangga, juga penilaian rumah sehat pada setiap rumah, dll.

Dalam setiap penilaian tersebut terdapat indikator tertentu, misalnya seperti penilaian pos ronda di RT Tangguh ini akan dinilai seberapa lengkapkah peralatan di pos tersebut. Selain itu juga penilaian tentang adanya jadwal jaga pada pos ronda tersebut.

( Kegiatan Penilaian Pos Ronda RT Tangguh Desa Sukolilo )
( Kegiatan Penilaian Pos Ronda RT Tangguh Desa Sukolilo )
                                                                                                   

Sedangkan pada penilaian rumah sehat ini, akan dilihat apakah dilakukan penanaman tanaman seperti tanaman hias, daun bawang dan perlengkapan cuci tangan disetiap rumah. 

( Penilaian Rumah Sehat Desa Sukolilo )
( Penilaian Rumah Sehat Desa Sukolilo )
                                                                                                                       

Konsep penilaian pada lomba di RT Tangguh ini yaitu apabila dari penilaian yang satu ke penilaian kedua tidak ada perubahan maka pada penilaian kedua ini nilainya masih sama seperti penilaian yang pertama. Penilaian selanjutnya akan dilakukan hal yang sama sampai dengan penilaian terakhir.

Selain itu juga ada rumah sehat, yaitu rumah yang dijadikan sebagai rumah pedoman di setiap RT untuk dinilai oleh pihak kesehatan desa langsung secara bertahap yang dimulai dari kondisi kebersihan rumah, pembuangan limbah rumah tangga, limbah dapur, limbah kamar mandi, dan ventilasi rumah.

Adanya lomba yang diadakan di RT Tangguh ini membuat masyarakat sekitar lebih memperhatikan kesehatan lingkungan ditengah pandemi seperti saat ini. Secara tidak langsung hal ini juga memberikan edukasi mengenai pentingnya menjaga kebersihan kepada masyarakat di RT Tangguh.

VIDEO PILIHAN