Karir

Jum'at Mubarak

1 Maret 2019   20:43 Diperbarui: 1 Maret 2019   21:14 67 2 2
Jum'at Mubarak
Foto Arsip Kegiatan

Jumat 1 maret 2018

Hari jumat dalam islam disebut juga sayyidul ayyam, sederhananya hari yang sangat dimuliakan dibanding hari yang lainnya karena hari itu terdapat suatu waktu yang mustajab didalam berdoa juga ada ibadah yang beda dengan hari yang lainnya yaitu shalat jumat.

Selain itu jumat sering disebut juga hari mubarak yang terdapat keberkahan tersendiri dibalik hari itu. Hari ini merupakan hari yang bersejarah juga sebab ada kegiatan pelatihan jurnalistik yang diadakan oleh fakultas ekonomi dan bisnis islam dalam rangka meningkatkan kreativitas mahasiswa melalui jurnalistik. 

Kegiatan ini sangat penting sekali khususnya buat mahasiswa untuk bisa meningkatkan keahlian dalam bidang jurnalistik selain pada program studi yang telah dipilih sebagai acuan utamanya, karena setelah lulus nanti tidak dapat dipungkiri keahlian dalam bidang tertentu juga menjadi pertimbangan bahkan poin plus untuk terjun ke dunia kerja.

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh mahasiswa/i keempat program studi yang ada di fakultas ekonomi dan bisnis islam yaitu akuntansi syariah, perbankan syariah, ekonomi syariah dan manajemen zakat dan wakaf.

Pemateri kali ini didatangkan langsung dari persatuan wartawan indonesia yang berada di daerah jember. Pemateri pertama yaitu bapak tabroni budi hartono yang sudah memiliki banyak pengalaman dalam dunia berita, pemateri kedua juga tak kalah hebatnya yaitu moh. Arif sugiartani yang menjabat sebagai wakil ketua PWI jember juga sebagai pimpinan redaksi harian pagi memo timur, sementara pemateri ketiga yaitu bapak syaiful yang sekarang bekerja sebagai kontributor transmedia, juga sebagai ketua ikatan jurnalis televisi indonesia daerah tapal kuda.

Banyak sekali materi yang disampaikan sangat bermanfaat bagi pemula untuk terjun ke dunia jurnalistik, mulai dari teori yang harus dipahami sebelum praktek maupun mekanisme yang harus dijalankan dalam melakukan praktek tersebut, tapi yang terpenting dari itu semua adalah mulai menulis kejadian yang terjadi disekitar kita kaitannya dengan hal yang menarik bagi dunia jurnalistik dan memberitakannya ke publik.

Menulis merupakan kegiatan yang mudah bagi segelintir orang dan sulit bagi beberapa orang yang lainnya, tapi untuk bisa menjadi penulis haruslah terbiasa membaca terlebih dahulu agar tulisannya tidak hanya sekedar tulisan melainkan berisi sesuatu yang berarti untuk khalayak pada umumnya dan bisa memberi hikmah dari apa yang ditulisnya.

Selain itu dalam kegiatan jurnalistik untuk bisa terjun ke dalamnya tidak semudah yang dibayangkan perlu perjuangan bahkan terkadang mengesampingkan kepentingan keluarga, menurut pemateri ketiga saat menyampaikan materinya.

Jurnalistik menjanjikan juga penuh tantangan, jika kalian suka tantangan maka tidak ada salahnya terjun kedunia jurnalistik.
Semoga tulisan ini menginspirasi dan bermanfaat. Salam...