Mohon tunggu...
naufal sulthan
naufal sulthan Mohon Tunggu... Lainnya - Pelajar

asdkasndkas

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Menggunakan Baju Adat dan Melihat Lelang Bandeng

12 Maret 2021   06:17 Diperbarui: 12 Maret 2021   07:10 1445
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Halo teman-teman mari kita membahas keberagaman yang di Indonesia oke..

Yups,Seperti yang kita ketahui Indonesia memiliki banyak keanekaragaman mulai dari suku budaya Bahasa dan adat, namun walaupun Indonesia memiliki banyak keanegaragaman Indonesia memiliki Bahasa Indonesia yang di mana Bahasa Indonesia dapat mempersatukan masyarakat Indonesia dari berbagai suku,bahasa,agama,adat dan budaya oleh sebab itu setiap sekolah yang berada di Indonesia memiliki pelajaran penting yaitu Bahasa Indonesia bukan hanya di Indonesia loo tetapi negara luar negri pun seperti kanada,korea selatan,Australia dll ada beberpa sekolah di negara itu yang memasuka pelajaran Bahasa Indonesia di sekolahnya..oleh karena itu kita sebagai masyrakat Indonesia dan juga putra putri Indonesia marilah kita belajar dengan serius dalam pelajaran Bahasa Indonesia yak!! Kira-kira ada berapa suku dan Bahasa yang ada di Indonesia ya? Setalah saya search-search seorang menuliskan pada sabtu,30maret 2019 di kompas.com di saat itu terjadinya pilpres 2019,sabtu(30/3/2019) Bapak Presiden kita menyebut "...Menyebut Indonesia terdiri dari 713 suku dan memiliki lebih dari 1.001 bahasa daerah yang berbeda."saat menjawab pertanyaan tentang ideologi dari moderator yang bertugas,Retno Pinasti, Wah banyak sekali yak suku dan Bahasa di Indonesia tentunya budaya,pakaian adat,serta adat nya bermacam macam,oleh karena itu saya akan menceritakan pengalaman ku saat mengunakan baju adat tetapi ini bukan topik utama ya teman-teman topik utama kita pada saat ini adalah budidaya lelang bandeng tradisonal di kabupaten sidoarjo udah pada tau atau belum teman-teman akanya di ikuti terus ya teman teman.

            Ada pun pengertian baju adat sidoarjo yang di mana setelah saya search menurut  YUSUF NORMAN di Blogspot.com nya baju itu di namakan baju angkong baju bewarna hitam dan udheng yang dimana udheng tersebut di letakan di atas kepala lalu ada juga cleana kolor Panjang bewarna hitam itu adalah baju adat untuk laki-lakinya yang dimana setiap bagian bagianya memiliki beberapa makna yang di mana baju bewarna hitam memiliki makna filosofi kebijaksanaan, warna hitam yang merupakan symbol tanah bermakna kita harus ingat akan kematian yang mana akan dikembalikan ke tanah,sehingga dalam melakukan sesuatu harus di piker-pikir telebih dahilu, dan berikutnya adalah udheng yang di mana udheng di pakai kan di atas kepala..udheng sendiri bersimbol hawa nafsu,udheng juga bermakna paham yang di mana memiliki maksud adalah paham mengenai aturan aturan yang ada di dunia,lalu ketiga ada celana kolor Panjang bewarna hitam yang di mana bermakna kalua memikirkan sesuatu harus di olor atau di fikir Panjang atau matang-matang agar tak ada penyesalan di kemudian hari. Beginilah cerita ku saat menggunakan baju adat sidoarjo

Daun yang mulai berjatuhan di depan jendela ku beserta hawa yang mulai memanas di kamar ku memberitahu ku bahwa sekarang adalah musim kemarau..

" ...Sudah mulai rupanya"

 Aku pun duduk di bangku kelas ku sambil melihat kearah jendela, di temani hebusan angin yang mulai menerbangkan bungga Sakura

" segala hal tentang hidupku,

aku merasa bosan setiap harinya,

aku selalu menyalahkan orang lain atas rasa bosan ini".. aku mengucapkanya di dalam hati ku di saat jam pelajaran sedang di mulai,aku bahkan tidak memperhatikanya."

Begitula awal episode film yang sedang ku tonton saat sedang menjalani pandemi ini, setalah mengalami liburan di rumah saja tanpa henti ini akhirnya aku di nyatakan lulus dari sekolah ku sebelumnya tanpa merasakan rasanya wisuda"ya sudahlah..." hari pun mulai berlanjut.... Sampai di mana aku pun mulai masuk kuliah darling"liburnya kurang" Bila pelatihan murid baru di masa aku sma di laksanakan dengan bertemu langsung dengan kakak kelas dan masuk kedalam sekolah namun di masa aku mulai masuk kuliah mendapatkan pengalaman berbeda, aku pun menjalani kegiatan itu dengan darling yang di mana banyak kegiatan-kegiatan yang harusnya di lakukan di kampus Bersama kakak kelas jadi tidak terlaksana dan saat itu kami mahasiswa baru mendapatkan tuga memperkenalkan diri menggunakan baju adat daerahnya masing-masing. Di saat itulah pengalaman pertama ku menggunakan baju adat sidoarjo menggunaka baju hitam celana hitam dan memakai udheng di kepala ku.."ahh rasanya seperti menjadi tamu kerjaan jawa dahulu" saat aku memakainya aku agak bingung menggunakanya aku kira kain yang udah di ukir di di iketkan di tangan tapi ternyata kain yang sudah di ukir itu di ikatkan di pingang.

Begitulah pengalaman dalam menggunakan pakaian adat!! Tidak di sangka kan,di karena darling ini dapat membuatku memakai baju adar daerah ku.. dah berikutnya aku akan memperkenalkan budaya sidoarjo yaitu lelang bandeng.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun