Pemasaran dan jual beli online bukanlah hal baru bagi kita. Menurut David and George dalam buku Marketing Research, menyebutkan bahwa pemasaran internet atau pemasaran online adalah sebuah cara menggunakan network atau jaringan untuk meraih pelanggan.Â
Namun, seiring perkembangan zaman, pemasaran secara online tidak lagi hanya menggunakan media seperti website atau link untuk mengakses sebuah situs dan juga dengan menggunakan mediasi seperti aplikasi dan juga e-mail, yang mana hal tersebut berjalan dengan cara memberikan iklan-iklan (ads/advertisement) bagi pengguna aplikasi dan pemilik akun, yang nantinya akan mengakses situs tersebut, baik secara sadar maupun tidak sadar, sehingga marketing atau pemasaran menjadi lebih interaktif dan tidak lagi menggunakan cara yang lama, yang mana harus menghadirkan satu per satu hal yang kita perjualbelikan.
Dalam pemasaran online terdapat 2 macam saluran untuk melakukan aktivitas, yaitu :
- Commercial on-line channel (saluran on-line commercial)
Yang mana merupakan sebuah saluran yang berisikan orang-orang untuk berkomunikasi, mendapatkan informasi, mengetahui semua wujud dalam hal pembelian dan penjualan, namun, para pengguna juga harus melakukan iuran atau pembayaran setiap bulannya kepada salah satu media atau platform untuk melakukan aktivitas, baik informasi atau jual beli barang. Dan dalam komunikasi tersebut pengguna bisa menempatkan diri di beberapa bagian dalam komunitas yang mereka minati, seperti olahraga, musik atau beberapa hobi lainnya, pengguna juga bisa mendapatkan informasi dari berbagai sumber seperti melalui surat kabar, atau media video sebagai sumber informasi para pengguna. - Â Internet
Internet adalah jaringan global yang terdiri dari banyak sekali network. Komputer yang memungkinkan komunikasi global yang segera dan terdesentralisasi. Dalam dunia usaha kini internet bukanlah suatu barang baru, terutama bagi penduduk kota besar maupun kalangan akademis. Internet merupakan kepanjangan dari interconection networking.ÂPromosi dan Marketing secara online atau dalam jaringan, merupakan sebuah bentuk melakukan komunikasi dan menjalin hubungan dengan berbagai macam individu dari berbagai macam kalangan, dan hal tersebut memiliki tujuan untuk mendapatkan konsumen atau pengguna, baik secara langsung, maupun tidak langsung. Namun, hal tersebut sangat memudahkan kedua belah pihak untuk mendapatkan pelanggan, serta pelanggan pun mendapatkan kemudahan dengan diberikan fasilitas dan wadah untuk mencari, melihat, bahkan hingga mampu mengonsumsi setiap hal yang menjadi ketertarikan pada diri mereka.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H