Mohon tunggu...
Natasya RestuaniMarhaendyka
Natasya RestuaniMarhaendyka Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Artikel mengenai hidup dan perkuliahan

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Studi Interdislipiner dengan Mahasiswa Negeri Jiran di Universitas Airlangga

4 Desember 2022   21:20 Diperbarui: 4 Desember 2022   21:47 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dosen dan Mahasiswa Unair & UiTM/dokpri

Pada bulan Desember 2022, Fakultas Vokasi Universitas Airlangga tepatnya program studi Manajemen Perhotelan telah mengadakan acara SDG's Airlangga Interdisciplinary Learning (SAIL) yang mendatangkan langsung 10 mahasiswa dan dosen Universiti Teknologi MARA (UiTM). Acara yang berbentuk program international summer course tersebut berlangsung pada tanggal 23 november - 3 desember 2022 memiliki serangkaian acara berupa exploring the uniquness of nusantara cuisine and culture yang diadakan dengan belajar memasak makanan nusantara, menampilkan makanan khas malaysia, mengunjungi museum sejarah indonesia, mengunjungi wisata gunung bromo, dan ditutup dengan closing ceremony yang diseenggarakan pada gedung Fakultas Vokasi Universitas Airlangga.

Opening Tari Remo/dokpri
Opening Tari Remo/dokpri

kegiatan closing ceremony diawali dengan opening tari remo dari pewaris budaya, kemudian dilanjut sambutan Dekan Fakultas Vokasi Universitas  Airlangga , dan acara ketiga dibawakan oleh dosen Universitas Airlangga yaitu Umi Farichah Bascha, S.E., M.M tentang pengenalan budaya meliputi rumah adat, baju adat, tarian, senjata, yang dimulai dengan Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dll. kemudian acara dilanjutkan dengan memaparkan macam-macam alat musik tradisional di Indonesia dan lagu adat daerah masing- masing. 

Tidak sampai itu saja, acara dilanjut dengan menampilkan tari saman yang dibawakan mahasiswa Manajemen Perhotelan Universitas Airlangga angkatan 21 yang kemudian mahasiswa UiTM diminta untuk memeragakan juga tarian tersebut. Diacara ini Mahasiswa Manajemen Perhotelan angkatan 22 juga mempersembahkan tari kreasi. selain mahasiswa Universtas Airlangga dari mahasiswa UiTM juga turut mempersembahkan nyayi dan silat asal dari negaranya. Acara selanjutnya yaitu penutupan dari Ketua Pelaksana yaitu Jiwangga Hadi Nata, S.E., M.SM.,CHE dan disambung dengan pemberian kesan dan pesan serta penyerahan apresiasi karna telah mengisi materi pada integration dari para dosen pendamping summer course UiTM Malaysia yaitu Prof. Dr. Azrul Abdullah, Prof. Dr. Azila Azmi, dan Norshamsina Mat Isa.

Mahasiswa UiTM praktek tari saman/dokpri
Mahasiswa UiTM praktek tari saman/dokpri

Pada acara penutupan ini mahasiswa UiTM terlihat sangat antusias dan terkesan dengan berbagai macam rangkaian acara program tersebut sehingga diharapkan dapat menikmatinya kembali dilain kesempatan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun