Mohon tunggu...
Natalis Ransi
Natalis Ransi Mohon Tunggu... begini saja

Iman, pengharapan dan kasih...

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kuliah Sistem Operasi

15 April 2021   06:38 Diperbarui: 15 April 2021   07:10 569 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kuliah Sistem Operasi
Sumber: MDGR (2005)

Tulisan singkat ini saya tujukan untuk mahasiswa yang mengambil mata kuliah sistem operasi baik di Program Studi Ilmu Komputer maupun di Teknik Informatika Universitas Halu Oleo. Semoga teman-teman mahasiswa masih tetap bersemangat serta penuh rasa ingin tahu akan mata kuliah ini. 

Sejauh ini kita telah membahas beberapa sub topik fundamental pada bahasan sistem operasi yang disajikan dengan baik pada buku Referensi yang kita acu. Salah satu Buku Referensi kita berjudul Sistem Operasi Komputer yang disusun oleh Masyarakat Digital Gotong Royong sudah sangat paripurna dalam mengantar kita semua memahami dasar dari Sistem Operasi. 

Pembahasan yang dimulai dengan konsep dasar perangkat komputer, konsep dasar sistem operasi yang mencakup materi: 1) komponen sistem operasi, dan 2) struktur sistem operasi sangat membantu kita memahami alur kerja dari seperangkat komputer serta peran/tujuan dasar dari sebuah sistem operasi. 

Pembahan selanjutnya tentang proses dan thread, serta konsep penjadwalannya juga sudah dibahas bersama. Kita sudah melihat materi yang menarik tentang proses, mualai dari diciptakan proses itu sampai bagaimana proses itu berhenti atau dihentikan. Begitu juga dengan thread, kita telah melihat contoh dan membahasnya bersama-sama. 

Materi selanjutnya kita akan membahas beberapa algoritma pada penjadwalan. Kita tahu bahwa sebelum dieksekusi oleh CPU sebuah proses akan mengantri di ready queue. Ketika berada di ready queue inilah diperlukan sebuah algoritma yang bertujuan memanajemen proses-proses tersebut. Algoritma ini selalu berusaha agar dapat menjamin bahwa proses yang akan dieksekusi oleh CPU memperoleh sumber daya yang cukup, sampai akhirnya proses tersebut selesai. 

Beberapa algoritma yang dikenal adalah FCFS: First-Come, First-Served; SJF: Shortest-Job First; Priority Scheduling; Round-Robin, Multilevel Queue, Multilevel Feedback Queue. 

Sebagai tugas awal, silahkan mahasiswa memilih dua dari algoritma tersebut untuk dibahas secara mandiri. Silahkan buat presentasi atas pilihan Anda tersebut. Setelah itu buat rekaman video penjelasan Anda dan upload ke Youtube. Kita akan membahas bersama ketika bertemu di 'kelas' nanti.

Salam Semangat

Natalis Ransi

Referensi
MDGR, 2005, Pengantar Sistem Operasi Komputer: Plus Ilustrasi Kernel Linux (versi online)

VIDEO PILIHAN