Â
Miniwatts Marketing Group melaporkan bahwa 55,1% dari penduduk dunia (diestimasi sekitar 7.634.758.428 orang) telah menggunakan internet [1]. Penggunaan internet oleh lebih dari separuh penduduk dunia ini boleh jadi merupakan pemicu berkembangnya model-model bisnis online. Rappa melaporkan bahwa sampai tahun 2010 mengkategorikan beberapa model bisnis tersebut antara lain: Â brokerage, advertising, info-mediator, online manufacturer, ecommerce, the affiliate model, online community businesses, subscription based online businesses dan utility based online businesses [2].
Telah banyak contoh kasus kita melihat bahwa model bisnis online ini merajai digital economy dunia. Sebut saja Google Ads yang merupakan salah satu contoh online bunesses based on advertising, setiap pemberi layanan content creator baik secara individu maupun organisasi didunia maya dipastikan memanfaatkan model bisnis ini, kompasiana juga salah satunya. Hal tersebut terkonfirmasi melalui beranda para kompasianer bisa melihat seperti Gambar 1. Layanan Google Adds di halaman beranda saya.
Di negara lain, India misalnya Mahajan dkk. (2015) melaporkan tentang model baru dalam bidang industry pariwisata di India dengan judul makalah "A New ICT based Business Model for Tourism Industry for the Maharashtra and Goa States of India" [3]. Dimana model baru tersebut diklaim dapat membantu mengatasi perubahan informasi, menciptakan peluang kerja baru dan pada saat yang sama menghasilkan lebih banyak pendapatan.
Selanjutnya Valentin-Andrei Manescu dkk. (2019) melaporkan bahwa topik-topik pada bisnis online, seperti virtual reality, artificial intelligence marketplace, online advertising, cloud, financial technology, masih merupakn topik yang terus diobservasi dan dikembangkan oleh pengguna internet, khususnya yang memanfaatkan mesin pencari Google [4].
Referensi
[1] Miniwatts Marketing Group, (2018) The Internet Big Picture. Retrieved May 2018, from Internet World Stats: https://www.internetworldstats.com/stats.htm.
[2] Rappa, M., (2010) Business Models on the Web. Retrieved May 2018, from Digital Enterprise: http://digitalenterprise.org/models/models.html.
[3] K. B. Mahajan et al, "A New ICT based Business Model for Tourism Industry for the Maharashtra and Goa States of India," International Journal of Hospitality and Tourism Systems, vol. 8, (1), 2015. Available: https://search.proquest.com/docview/1733224414?accountid=160841.
[4] V. Manescu et al, "Business Models in Online Industry," FAIMA Business & Management Journal, vol. 7, (1), pp. 5-19, 2019. Available: https://search.proquest.com/docview/2218825918?accountid=160841.