Mohon tunggu...
Nasirin Saja
Nasirin Saja Mohon Tunggu... Freelancer - Nasirin Saja

Nasirin E-mail: nasirinsaja25@gmail.com FB/IG/Twitter: nasirinsaja25@gmail.com Youtube: Nasirin Saja Channel / nasirinsaja25@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Manfaatkan KUR untuk Para Pemula UMKM

10 April 2016   22:25 Diperbarui: 11 April 2016   08:00 229 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

[caption caption="Ilustrasi gambar: harnas.co"][/caption]

Manfaatkan KUR untuk Para Pemula UMKM

Oleh : Nasirin

 

Salam dan bahagia,

Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah salah satu program kredit dari bank milik pemerintah (BUMN). Program ini sangat bermanfaat untuk masyarakat ekonomi menengah ke bawah sebagai modal untuk berwiraswasta mereka, sehingga mereka dapat berkarya mandiri untuk diri sendiri serta keluarga.

KUR juga dapat menciptakan para pengusaha-pengusaha kecil yang bertujuan sebagai penghubung antara pengusaha besar dengan konsumen akhir (masyarakat). Coba kita bayangkan jika produsen hanya menciptakan produk, dan produk itu hanya didistribusikan oleh perusahaan distributor serta produk tersebut tidak merata bahkan tidak sampai kepada masyarakat ekonomi bawah (konsumen akhir). Dengan demikian dalam penditribusian suatu produk dibutuhkan pihak-pihak selain distributor yaitu pedagang kaki lima, retail, toko-toko pinggir dan konsumen akhir.

Maka dari itu peran para pedagang-pedagang kecil tersebut sangat krusial dalam proses pendistribusian produk-produk sehingga sampai kepada konsumen akhir. Pedagang-pedagang tersebut biasanya terletak di ujung gang, kios, warung pojok, sehingga biasanya konsumennya juga masyarakat ekonomi bawah, akan tetapi ada juga masyarakat mapan dan eksekutif yang membeli produk di warung, kios yang, warung pojok.

Mendirikan warung pojok, ruko, kios bisanya tidak membutuhkan modal yang begitu banyak dan melimpah,  karena omset penjualannya juga bisanya di bawah toko-toko besar dan supermarket. Tempatnya juga tidak perlu sewa, karena dapat menggunakan ruang kosong di rumah atau dapat di bawa ke mana-mana (portable) misal pakai motor, gerobak dan sejenisnya.

Maka dari itu KUR hadir untuk membantu mereka dalam mencari nafkah atau tambahan nafkah dengan kredit terjangkau, bunga yang tidak terlalu tinggi, prosesnya tidak begitu rumit serta tanpa agunan (jaminan) dengan syarat dan ketentuan berlaku. Baca Ketentuan KUR lebih jelas di Kredit Usaha Rakyat BRI

KUR juga dapat dimanfaatkan untuk para pemula UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah), KUR juga dapat dimanfaatkan oleh para mahasiswa yang baru lulus kuliah (fresh graduate) agar para mahasiswa tidak hanya mencari pekerjaan tetapi juga berusaha menjadi pengusaha walaupun pengusaha kecil tetaplah mempunyai kontribusi besar karena sebagai perantara perusahaan untuk mendistribusikan produknya kepada masyarakan (konsumen). Selain itu KUR juga dapat menumbuhkan ekonomi kreatif di masyarakat dengan produk-produk kreatif yang dihasilkan untuk dipasarkan sebagai produk unggulan, ciri khas di daerah-daerah wisata.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Ekonomi Selengkapnya
Lihat Ekonomi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan