Mohon tunggu...
M. Nasir
M. Nasir Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pegiat Lingkungan Hidup

Hak Atas Lingkungan merupakan Hak Asasi Manusia. Tidak ada alasan pembenaran untuk merampas/menghilangkan/mengurangi hak tersebut.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Artikel Utama

Timon Aceh di Tanah Sejengkal

17 November 2023   20:05 Diperbarui: 22 November 2023   21:18 213
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tanaman Timon Aceh (Sumber: Dokumentasi pribadi M. Nasir)

Maklum karena masih lumayan baru menjadi kompasianer, ibarat padi yang baru ditabur benih, masih besar kemungkinan diserang hama. Jadi sebagai "anti Hana" untuk tumbuh sempurna, saya membuka berbagai menu dan page yang ada di Kompasiana.com, termasuk membaca beragam tulisan dari para senior. 

Singkat cerita, saya klik Topik Pilihan. Dari berbagai topik yang disajikan, saya menarik topik Atasi Krisis Pangan dari Rumah.

Apalagi topik ini berkolaborasi dengan Kompasianer Repa Kustipia! Peneliti independen bidang antropologi pangan di Center for Study Indonesian Food Anthropology (CS-IFA). Karena tidak ada informasi terkait deadline topik tersebut, saya beranikan diri menulis pengalaman ini, dan saya yakin akan mendapatkan respon langsung dari Kompasianer Repa Kustipia.

Saya memilih judul "Timun Aceh di Tanah Sejengkal". Judul ini untuk membantah pendapat umum bahwa untuk menanam butuh tanah yang luas, bagi saya tidak!

Dikutip dari www.id.my-best.com, Mentimun memiliki nama latin Cucumis sativus dan merupakan keluarga labu. Tanaman ini merupakan jenis tanaman merambat. 

Jadi, Anda membutuhkan tiang penyangga untuk menanam tanaman mentimun. Mentimun adalah jenis tanaman semusim. Artinya, tanaman ini akan mati setelah berbunga dan berbuah. 

Mentimun dapat tumbuh pada ketinggian 1--1.000 mdpl, tetapi pertumbuhan optimalnya pada ketinggian 400 mdpl. Agar pertumbuhannya makin optimal, mentimun membutuhkan cahaya matahari yang cukup serta suhu 21,1 C hingga 26,7 C. 

Tanaman mentimun sayangnya tidak tahan terhadap curah hujan yang tinggi. Curah hujan yang tinggi menyebabkan bunga mentimun berguguran dan gagal berbuah.

Jenis mentimun ini memiliki nama lokal di Aceh, yaitu "Timon Aceh". Bibitnya cukup mudah didapat, semua toko tani menyediakan bibit Timon Aceh.

Memiliki halaman rumah yang sempit sudah menjadi hal yang lumrah bagi orang yang tinggal diperkotaan, termasuk kami yang tinggal di Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh. Kondisi itu diperparah kembali sebagian besar halaman rumah dicor beton sehingga tidak memiliki ruang untuk menanam. Solusinya menggunakan karung/polibag atau pola hidroponik untuk menanam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun