Mohon tunggu...
Muhammad Nashihun
Muhammad Nashihun Mohon Tunggu... wiraswasta -

Saya biasa dipanggil Annas, lahir dipinggiran kota kecil salatiga, pendidikan terakhir Teknik Geodesi UGM. Sekarang tinggal di pamulang tangerang, sebagai pedagang online untuk alat-alat pemetaan dan GPS (www.gpsmurah.com) Sudah berkeluarga dan mempunyai satu orang anak, hampir dua. Interest ke teknologi kebumian, gadget, internet marketing, online store, dan kuliner.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

GPS Tomtom, Mudahnya Update Peta Langsung di Alat.

8 Februari 2012   05:29 Diperbarui: 25 Juni 2015   19:55 2921
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
1328678788606071301

GPS  Tomtom yang terkenal di Eropa ini sekarang hadir di Indonesia. Tomtom navigation mulai dikembangkan tahun 2002 di Belanda, dengan diciptakannya Tomtom Navigator berbasis windows ce. Kemudian tahun 2004 membuat lagi Tomtom berbasis Palm yang di install di Treo 650. Pada tahun 2007 , Tomtom dibeli oleh Teleatlas, sebuah perusahaan pemetaan yang khusus mengembangkan peta-peta navigasi kelas dunia. Peta Teleatlas banyak dipakai para pengembang GPS Navigasi seperti Garmin maupun Mio. Dengan demikian posisi Tomtom semakin mantab karena didukung 100 persen oleh Teleatlas. GPS Tomtom memang banyak dipakai di Eropa, Australia dan Amerika  bersaing dengan Garmin. Mulai awal tahun 2012 ini Tomtom mulai mengembangkan pasarnya di Asia Tenggara mulai dari Thailand dan Indonesia.  Ada lima variant yang dikeluarkan Tomtom yang dipasarkan di Indonesia yaitu Tomtom Via 220, Tomtom via 260, Tomtom via 280, Tomtom Go 2050 dan Tomtom Go 2050W. Semua GPS Tomtom sudah dilengkapi dengan  peta Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Brunei, Hong Kong dan Macau yang terbaru. Kelebihan GPS Tomtom map bisa update langsung secara online lewat webnya Tomtom : http://www.tomtom.com, kita tinggal buat account, kita register produk kita dan kita bisa langsung update peta setiap saat. Teleatlas selaku pembuat peta, berjanji akan mengupdate database mapnya minimal tiga bulan sekali. Sehingga peta yang ada di GPS Tomtom akan selalu baru dan tidak ketinggalan jaman. Fasilitas unik yang ada di GPS Tomtom adalah Map Correction, apabila kita menemukan kesalahan peta di GPS, kita bisa langsung koreksi baik mau disimpan secara permanen maupun temporary. Kita juga bisa sharing hasil koreksi peta ke pengguna lain, melalui website tomtom. Fasilitas ini sepertinya belum ada di GPS Merk lain. Lima variant yang masuk ke Indonesia semua Full GPS Navigation, artinya GPS ini hanya berfungsi sebagai GPS, tidak ada fungsi-fungsi lainnya seperti Game, Multimedia maupun TV analog. Karena memang pada kenyataannya disaat kita membutuhkan navigasi GPS, akan sangat mengganggu kalau difungsikan dengan fungsi-fungsi yang lain. Perbedaan variant hanya berbeda di ukuran layar, fasilitas bluetooth, dan kelengkapan peta. Untuk harga GPS Tomtom juga sangat kompetitif. Untuk type Go 2050 W sudah diinstall peta seluruh dunia jadi ada Asia, Amerika, Eropa, Australia .

Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun