Mohon tunggu...
NarasiFahmi
NarasiFahmi Mohon Tunggu... Jurnalis - Jurnalis

NarasiFahmi adalah salah satu orang yang berkontribusi dalam dunia kepenulisan dan sekarang masih aktif dalam kepenulisan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Media Dilihat dari Sisi Pro dan Kontra

7 Desember 2022   13:01 Diperbarui: 7 Desember 2022   13:04 47
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media dilihat dari sisi pro dan kontra

Oleh : NarasiFahmi

Media. Sebuah kata yang sebenarnya sudah tidak asing di telinga kita. Mendengar kata media pasti tidak jauh dari yang namanya teknologi. Media menurut KBBI merupakan alat (sarana) komunikasi untuk menyampaikan suatu informasi. Adapun media dalam konsep perancangan ini didefinisikan sebagai alat (sarana) yang akan digunakan untuk menyampaikan informasi terkait celengan dari masa ke masa.

Media mempunyai 3 jenis, Yaitu:

  1. Media Visual. Media visual adalah salah satu jenis media yang lebih mengutamakan alat indera penglihatan, sehingga biasanya media ini berbentuk gambar, foto dan sebagainya.
  2. Media Audio adalah salah satu jenis media yang lebih mengutamakan alat indera pendengaran, sehingga biasanya media ini berbentuk suara.
  3. Media Visual Audio adalah salah satu jenis media yang lebih mengutamakan alat indera penglihatan dan pendengaran, sehingga biasanya media ini berbentuk gambar, video, dan sebagainya.

Dari banyaknya jenis media yang ada sekarang ini, kita tahu bahwa kemajuan teknologi di bidang media menjadi naik begitu signifikan. Bicara tentang media, ada banyak sekali pro dan kontra mengenai kemajuan sebuah media yang sedang berkembang ini. Ada yang mengatakan bahwa media yang ada di Indonesia ini sudah berkembang sesuai harapan dan ada juga yang mengatakan bahwa media Indonesia itu belum sesuai dengan harapan. Semua opini itu benar tergantung pada nilai perspektif yang dianut oleh orang tersebut.

Dilihat dari sisi posisi pro, media di Indonesia sudah masuk dalam kategori berkembang sesuai harapan. Alasan nya adalah media di Indonesia sudah memenuhi kriteria memadai. Karena sudah bisa bersaing dengan media yang berada di luar negeri.

Dilihat dari sisi posisi kontra, media di Indonesia belum masuk dalam kategori memenuhi syarat sesuai harapan. Alasan nya adalah media Indonesia masih membahas seputar hal hal yang receh di luar topik yang sedang dibahas. Alhasil menjadikan tayangan yang ada di Indonesia menjadi sangat receh dan kurang bermutu untuk menjadi tontonan warga negaranya.

Opini menggiring kita untuk selalu kritis menanggapi suatu rumusan masalah. Banyak diantara kita yang mengomentari suatu hal dengan sangat kritis dan juga humoris. Banyak media yang sekarang ini berlomba-lomba memberikan berita yang terupdate sehingga tidak sedikit berita yang muncul di publik menjadi sangat receh dan juga sangat tidak berfaedah. 

Opini saya terhadap media yang berkembang di Indonesia ini adalah kurang memenuhi kriteria. Kenapa saya menganggap media di Indonesia ini kurang memenuhi kriteria? Karena memang dilihat dari segi penyampaian berita dan kualitas berita itu kurang bermutu menjadikan tontonan masyarakat tidak ada faedah nya sama sekali.

NarasiFahmi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun