Mohon tunggu...
Naomi Tehillah
Naomi Tehillah Mohon Tunggu... Penulis - Content Writer

Cita-cita jadi penulis, semoga tercapai!

Selanjutnya

Tutup

Home

Cara Buat dan Persiapan Kolam Renang Minimalis

9 September 2022   16:30 Diperbarui: 9 September 2022   16:30 58 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kolam Renang Minimalis | Sumber: Canva.com

Apakah Anda berencana untuk membuat kolam renang minimalis pada hunian industrial Anda? Tidak perlu khawatir jika rumah Anda sempit tapi masih ingin memiliki kolam renang. Lalu, bagaimana cara membuatnya? Apa saja yang harus disiapkan? 

Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat dan persiapan yang harus dilakukan ketika akan membuat kolam renang minimalis. Berikut ini adalah pembahasan lebih lanjut.

Baca Juga: Cara Membuat Kolam Renang yang Minimalis

3 Persiapan Ketika akan Membuat Kolam Renang Minimalis

Anda perlu terlebih dahulu melakukan persiapan sebelum membuat kolam renang minimalis. Perencanaan sudah harus matang sebelumnya agar hasil akhir kolam renang dapat maksimal dan sesuai dengan ekspektasi Anda. Berikut ini kami sajikan tiga persiapan penting untuk Anda.

1. Rencanakan Anggaran Biaya

Pertama, Anda perlu melakukan perencanaan anggaran biaya dengan mempertimbangkan alat dan bahaya yang dibutuhkan. Tidak lupa juga untuk menghitung estimasi biaya tukang serta menentukan jumlah dana darurat jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Diharapkan Anda dapat merencanakan sematang-matangnya agar perencanaan biaya dapat semakin jelas.

2. Bangun Kolam sesuai Budget dan Kecukupan Lahan

Kedua, Anda perlu melakukan perencanaan bentuk dan ukuran kolam sesuai dengan kecukupan lahan yang tersedia. Apabila lahan Anda kecil, hindari untuk membuat kolam renang yang terlalu besar dan memakan keseluruhan sisa lahan Anda. Lalu, sesuaikan juga dengan rencana anggaran Anda di awal.

3. Hitung Estimasi Biaya Perawatan 

Kolam renang tidak dapat dibiarkan begitu saja setelah jadi. Anda perlu melakukan maintenance atau perawatan secara rutin agar kolam tetap bersih dan tidak rusak. Maka dari itu, pertimbangkan pula biaya perawatan yang sekiranya dibutuhkan untuk kolam renang Anda.

Cara Membuat Kolam Renang Minimalis

Apabila Anda sudah matang dari segi persiapannya, Anda bisa langsung mengeksekusi pembuatan kolam renang minimalis. Berikut ini adalah cara pembuatan kolam renang.

1. Bangun Dasarnya

Pertama, Anda perlu melakukan pembangunan dasar kolam renang dengan melakukan penggalian. Jika sudah, gunakan bekisting bata sebagai lapisan galian. Agar hasil berkualitas dan maksimal, lebih baik gunakan tenaga profesional untuk menangani tahapan ini.

2. Membuat Dinding dan Lantai

Anda perlu menggunakan material bangunan terbaik ketika akan membangun dinding dan lantai kolam renang. Hal ini bertujuan agar hasil berkualitas dan tahan lama sehingga Anda bisa menghemat biaya perbaikan di kemudian hari. 

Pilihlah material yang tahan bocor atau kedap air, dikarenakan material yang terpasang akan terus menerus terendam air secara intens. Apabila tidak bersifat waterproof, maka kolam akan rusak di waktu yang singkat. Sesuaikan pula dengan estetika desain yang telah Anda tentukan.

3. Aplikasi Lapisan Pelapis Anti Bocor

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Home Selengkapnya
Lihat Home Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan