Mohon tunggu...
Kinanthi
Kinanthi Mohon Tunggu... foto

Seseorang yang meluangkan waktu untuk menulis sekadar menuangkan hobi dengan harapan semoga bermanfaat.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Perlukah Pembelajaran Tatap Muka?

8 April 2021   22:56 Diperbarui: 8 April 2021   23:16 77 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perlukah Pembelajaran Tatap Muka?
kerja kelompok sebelum pandemi covid-19. dokpri

Era digital telah memberikan perubahan yang berdampak cukup besar bagi kehidupan bermasyarakat. Hal itu dipercepat dengan kedatangan covid-19 yang sedemikian cepat menguasai bumi. 

Era pandemi covid-19 pun seolah semakin mempertegas isyarat tersebut. Keduanya mengisyaratkan mau tidak mau, siap tidak siap, kita harus segera beradaptasi dengan era digital. Dengan kata lain, masyarakat seolah dipaksa melakukan migrasi meninggalkan tatacara manual menuju tatacara digital dalam menjalani segala aspek kehidupan.

Pembelajaran berbasis digital atau e-learning pun harus segera beradaptasi pula dari cara manual menuju media digital. Cepat atau lambat, kelak e-learning memang akan menjadi metode pembelajaran. 

Dengan adanya pandemi covid-19, mau tak mau e-learning pun lebih cepat dalam merambah dunia pendidikan. Pembelajaran yang dilaksanakan secara daring pun telah pula dilaksanakan pada era pandemi covid-19 ini, sehingga kelebihan dan kelemahannya dapat segera diamati.

Beberapa kelebihan tersebut, misalnya:

1. e-learning melindungi peserta didik dan pendidik dari serangan covid-19.

2. Kelebihan berikutnya adalah pembelajaran dapat berlangsung secara hemat  waktu, hanya menggunakan gadget 'gawai', pun pembelajaran dapat dilaksanakan, bukan? 

3. Dengan adanya e-learning, pembiayaan pun terjangkau. Betapa tidak? Dengan hanya bermodalkan paket data internet, peserta didik dan pendidik sudah dapat mengunduh dan mengunggah berbagai materi pembelajaran tanpa cemas menghamburkan uang lebih banyak, misalnya uang transport, uang make up, dan uang parkir. 

4. Waktu yang digunakan untuk pembelajaran pun lebih fleksibel karena dapat dilakukan kapan saja di mana saja asalkan ada kemauan, bahkan juga dapat dilakukan sambil rebahan.

5. Penerapan e-learning tentu saja memperluas wawasan karena banyak materi yang diunggah dari hasil pengalaman maupun ujicoba, bahkan sebelum ditulis sebagai buku.

Meskipun banyak kelebihan, ternyata pembelajaran secara daring pun banyak pula kekurangan, misalnya:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN