Mohon tunggu...
Nani Dwi Rahayu
Nani Dwi Rahayu Mohon Tunggu... Guru - TK Dharma Wanita Persatuan 5 Bengok

menggambar

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Alat Permainan Edukatif: Aquarium Pancing Huruf

25 November 2022   21:36 Diperbarui: 25 November 2022   21:39 227
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri
Dokpri

Dunia Pendidikan Anak Usia Dini adalah sebuah dunia yang tidak terlepas dari bermain dan juga berbagai alat permainan anak-anak.

Salah satu sarana yang juga menjadi sumber belajar bagi anak di PAUD adalah alat pendidikan edukatif yang lebih dikenal dengan APE. Menurut Wijaya & Rusyan [1994] berpendapat bahwa Alat Peraga Pendidikan merupakan media pendidikan yang memiliki berperan sebagai perangsang belajar & dapat menumbuhkan motivasi belajar sehingga anak tidak menjadi jenuh dalam meraih tujuan belajar.

Selain itu, menurut Sudjana [2009]definisi alat permainan edukatif merupakan suatu alat yang dapat diserap oleh mata & telinga yang bertujuan membantu guru agar proses belajar mengajar siswa lebih efektif & efisien.Sedangkan menurut Faizal [2010] Alat Peraga Pendidikan adalah instrument audio maupun visual yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran menjadi lebih menarik & membangkitkan minat siswa dalam mendalami materi.

Jadi, definisi alat permaian edukatif menurut para ahli, alat ini merupakan sebuah alat bantu yang dipakai dalam proses edukasi atau belajar-mengajar yang berperan besar sebagai pendukung kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik atau guru. Alat ini bisa didapatkan dengan cara membelinya dari produsen alat-alat permainan anak atau juga bisa dengan membuatnya sendiri. 

Akan tetapi secara umum banyak para penyelenggara PAUD dan guru PAUD yang berpendapat bahwa memperoleh Alat Pendidikan Edukatif dengan cara membeli adalah lebih mudah dan ekonomis. Namun jika para guru mau berkreasi dan berinovasi untuk menciptakan Alat Pendidikan Edukatif dari barang-barang bekas maka tentu saja akan lebih ekonomis lagi.

Banyak mainan sekarang ini yang semakin kreatif, mahal dan beraneka macam. Tentunya hal ini akan banyak membuat orang tua bingung. Banyak mainan yang dibuat oleh pabrik yang sebetulnya kurang berfaedah bagi anak-anak karena sebenarnya alat bermain hanyalah alat bantu saja bagi seorang anak dan bukan merupakan indikator mutlak untuk anak berkembang lebih baik. 

Jadi mahal dan murahnya alat mainan bukanlah merupakan indikator. Anak akan dapat bermain dengan manfaat yang besar apabila orang tua dapat mengetahui sisi kegunaannya mainan tersebut

Berdasarkan kerangka pemikiran yang ada bahwa Alat Pendidikan Edukatif, Kreatif dan Inovatif tidak mesti alat permainan yang mahal maka kami berupaya mencoba mengembangkan dan membuat sebuah APE. 

Kami akan mencoba membuat alat permainan , permainan ini diberi nama Aquarium pancing huruf  dan yang akan dibahas dan dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang meliputi berbagai aspek pengembangan diri terutama aspek bahasa anak dan bisa menarik minat belajar anak. Sehingga dapat dikategorikan sebagai permainan edukatif. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun