Mohon tunggu...
Nani Wahyuni
Nani Wahyuni Mohon Tunggu...

cwe ga' mau ribet

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

mengapa muncul inovasi pembelajaran?

23 September 2011   00:40 Diperbarui: 26 Juni 2015   01:42 211 0 1 Mohon Tunggu...

Dunia pendidikan sudah lah menjadi hal yang sangat penting bagi peningkatan derajat setiap manusia, sehingga kualitas seseorang tergantung dari hasil pendidikan yang mereka tempuh, apakah hasilnya dapat maksimal maupun tidak.

Sekarang ini perkembangan teknologi dan informasisangat cepat dalam berbagai aspek kehidupan termasuk dalam bidang pendidikan, yang merupakan suatu upaya untuk menjembatani masa sekarang dan masa yang akan datang kondisi tersebut tentunya membutuhkan timbulnya pembaharuan atau yang disebut dengan inovasi pemebelajaran. Oleh karena itu, lembaga pendidikan harus mampu mengantisipasi perkembangan tersebut dengan terus menerus mengupayakan suatu program yang sesuai dengan perkembangan anak, perkembangan zaman, situasi, kondisi, dan kebutuhan peserta didik.

Anak didik sangat lah unik, baik perkembangan maupun pemikirannya, selain itu anak merupakan suatu indivu yang berbeda, sehingga dalam belajar pun mereka mempuai cara tersendiri untuk bisa memaksimalkan potensi yang mereka miliki. Oleh karena itu pembelajaran harus didesain sedemikian rupa sehingga dapat menjangkau seluruh pembelajar. Maka memunculkan adanya inovasi pembelajaran untuk menyesuaikan hal tersebut.

Akan tetapi kita perlu mendifinisikan apa arti yang sebenarnya dari inovasi pembelajaran tersebut, apa yang disebut dengan inovasi pembelajaran?

Kata “innovation” diartikan sebagai pembaharuan maupun penemuan. Namun, kata penemuan juga digunakan untuk menterjemahkan kata Invention dan Discovery. Discovery, invensi, dan innovation ketiga kata tersebut sebenarnya memiliki arti yang berbeda. Masing-masing arti kata tersebut yaitu, diskoveri adalah penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan sudah ada, tetapi belum diketahui orang. Penemuan ini sudah diketahui sudah lama namun baruhanya diketahui oleh beberapa orang saja, seiring berjalannya waktu penemuan ini baru diketahui oleh banyak orang. Selanjutnya yaitu invensi, yang merupakan penemuan sesuatu yang benar-benar baru yang berupa hasil kreasi manusia. Penemuan tersebut benar-benar baru, sebelumnya belum pernah ditemukan, sehingga masih asli bukan sesuatu peniruan. Sedangkan inovasi diartikan sebagai suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati oleh seseorang atau sekelompok orang dan sesuatu itu merupakan hal yang baru, baik hasil invensi maupun discovery. Sehingga baik itu penemuan yang sudah ada tetapi baru diketahui sekarang maupun penemuan yang benar-benar baru ditemukan.

Pembelajaran sendiri dapat diartikan sebagai kegiatan tenaga pendidik untuk membelajarkan peserta didik (Zais,1976). Dimaksudkan bahwa pembelajaran merupakan interaksi guru dengan peserta didik untuk mnecapai tujuan pe,belajaran. Pembelajaran tersebut adalah cara yang seharusnya digunakan mengajar.

Dari pengertian di atas dapat diketahui bahwa inovasi pembelajaran adalah suatu hal yang baru dan dengan sengaja diadakan untuk meningkatkan kemampuan demi tercapai suatu tujuan pembelajaran. Inovasi pembelajaran diadakan untuk membantu guru dan siswa dalam menata dan mengorganisasi pembelajaran menuju tercapainya tujuan belajar.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x