Mohon tunggu...
Nanda Lubiis
Nanda Lubiis Mohon Tunggu... Guru - sibuhuan

membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Peran Ilmu Geografi dalam Kurikulum pada Era Globalisasi Pendidikan Indonesia

24 Juni 2022   11:37 Diperbarui: 24 Juni 2022   11:54 509
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

KEDUDUKAN GEOGRAFI DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN INDONESIA
Oleh :
Nanda Lubis

Abstrak
Kurikulum adalah sebuah wadah untuk program pendidikan yang diberikan  oleh suatu lembaga  untuk melancarkan proses belajar dan mengajar dari tingkat SD,SMP, SMA untuk menerapkan metode strategi dalam sistem kurikulum tersebut.
Dalam sistem pendidikan Indonesia, kurikulum yang berlaku pada era sekarang  adalah kurikulum 2013, kurikulum ini ditetapkan oleh pemerintah dalam menggantikan KTSP 2006. Namun, sayangnya masih banyak para tenaga pengajar yang masih memakai metode strategi belajar mengajar pada KTSP 2006 dan tidak menggunakan kurikulum 2013 tersebut. Tujuan dari pengembangan kurikulum itu sendiri adalah untuk mengembangkan pengetahuan agar mencapai pendidikan yang lebih bermutu dan menjadikan para peserta didiknya lebih kreatif dan inovatif.

Kata Kunci : Kurikulum, Geografi, Pendidikan Indonesia.

Abstract
The curriculum is a forum for educational programs provided by an institution to expedite the learning and teaching process from the elementary, junior high, high school levels to apply strategic methods in the curriculum system.
In the Indonesian education system, the curriculum that applies in the current era is the 2013 curriculum, this curriculum was set by the government to replace the 2006 KTSP. The purpose of curriculum development itself is to develop knowledge in order to achieve higher quality education and make students more creative and innovative.

Keywords: Curriculum, Geography, Indonesian Education.

Pembahasan

Menerapkan Sistem Kurikulum
Nah, dalam pembelajaran geografi ini menerapkan kurikulum 2013pada  pendidikan indonesia guna untuk membentuk sikap para peserta didik bangsa Indonesia dengan baik dan dapat menerapkan manfaat dari hasil pembelajaran yang didapatkan. Dalam mengembangkan pembelajan pada kurikulum 2013 yang kita gunakan pada saat ini perlunya kreativitas dan kecerdasan kita sebagai para tenaga pengajar dalam menyatu padukan metode strategi belajar agar para peserta paham dengan apa yang kita sampaikan kepada mereka.

Seiring berkembangnya zaman, munculah kurikulum baru yang dapat mengubah strategi metode pembelajaran  yang lebih kreatif dan variatif sehingga para peserta didik ini memiliki minat untuk mengembangkan wawasan dan kemampuan yang mereka miliki. Seperti kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka, kita ambil contoh dari kurikulum 2013 ini memiliki tiga metode ; 1) model pembelajaran berbasis projek (project based learning) ini merupakan metode pembelajaran, seperti tugas keompok  yang bertujuan untuk melatih kerjasama antar para peserta didik, 2) model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) pada metode ini para peserta didik dibantu oleh guru, dan 3) model pembelajaran penemuan (discovery based learning).

Perkembangan Geografi Pada Kurikulum Pendidikan Indonesia Di Era Zaman Sekarang

Di era zaman yang begitu canggih sekarang, dasar hukum yang menyertai upaya meningkatkan kualitas SDM Indonesia itu dilandasi dari tanggungjawab untuk menjalankan amanat: (a) Pembukaan UUD 1945 alinea IV: dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, (b) Pasal 31, pada ayat 3, yang menyatakan bahwa pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan suatu sistem pendidikan nasional, dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa; (c) UU Sisdiknas Tahun 2003, menimbang bahwa sistem pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, namun kenyataannya masih banyak anak-anak yang menetap didaerah terpelosok ini masih belum bisa mendapatkan pendidikan yang layak dalam bersekolah.  

Dari peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global sehingga perlu dilakukan pembaharuan pendidikan secara terencana, terarah, dan berkesinambungan, dan (d) UU Sisdiknas tahun 2003, Pasal 3: menyebutkan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, maka dibentuklah kurikulum terbaru yaitu kurikulum merdeka yang bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab, dan (e). Nawacita kelima untuk meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia, Pentingnya memiliki SDM unggul merupakan solusi dalam menyelesaikan permasalah bangsa, sebagaimana disampaikan oleh Mendikbud, bahwa: "Apapun kompleksitas masa depan, kalau SDM kita bisa menangani kompleksitas maka itu tidak menjadi masalah".

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun