Mohon tunggu...
Nanda Aulia
Nanda Aulia Mohon Tunggu... Nanda Aulia

KKN relawan covid-19

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Cerita KKN di Tengah Pandemi Covid-19 di Dusun Getas Kecamatan Jaten, Karanganyar

22 Juli 2020   22:45 Diperbarui: 22 Juli 2020   22:41 8 2 0 Mohon Tunggu...

(20/6/20)

Kegiatan KKN Covid-19 di Dusun Getas RT 01 RW 10, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar oleh mahasiswa Keguruan dan ILmu Pendidikan UNS, Nanda Aulia Febiany telah dilaksanakan sama 40 hari tertanggal 20 Mei 2020 hingga 30 Juni 2020 dengan bimbingan langsung dari Prof. Dr. Warto. M. Hum selaku dosen pembimbing Lapangan. Adapun tema yang dipilih adalah "Tema Besar Supporting Pemahaman Masyarakat Terhadap covid-19".

KKN Covid-19 dilaksanakan sebagai upaya UNS tanggap permasalahan kompleks akibat Covid-19, mahasiswa di daerah yang memenuhi syarat sebegai peserta diterjunkan di daerah tempat tinggal masing-masing dengan menjalankan program kerja sesuai dengan kebutuhan dan situasi masyarakat setempat. Terdapat 6 pogram kerja yang dilaksanakan antara lain (1) Sosialisasi Cegah Covid-19 melalui sosial media, (2) Kampanye cegah covid-19 dengan media Spanduk dan poster, (3) Gerakan "Yuk pakai masker", (4) Cipta sabun cair sendiri, (5) Belajar bersama untuk anak TK dan (6) Lomba cipta puisi untuk anak SD kelas 3-6.


dokpri
dokpri
Agenda KKN tersebut dilaksanakan dengan persetujuan langsung dari Ketua RT setempat, Budi Sartono, contoh kegiatan yang mendapat persetujuan adalah menempelkan poster dan spanduk tentang covid-19 pada titik lalu lalang warga Ds Getas RT 01/10, membagikan masker dan panduan penggunaannya. Kegiatan KKN ini juga diketahui oleh Bapak dan Ibu Bayan Ds Getas, kami juga mendapat persetujuan untuk bergabung dalam grup PKK ibu-ibu dibawah pengawasan Ini bayan secara langsung.

Dengan bergabung dalam grup PKK secara keseluruhan bukan per RT/RW memudahkan terlaksananya program kerja kami, sosialisasi tentang covid-19 bisa menjangkau seluruh ibu-ibu selaku anggota keluarga yang bertugas menjaga dan menerapkan gaya hidup bersih dan sehat. Ibu-ibu menanggapi setiap informasi yang kami bagikan secara baik, hal ini dibuktikan dengan adanya antusias untuk melakukan diskusi tanya jawab serta privasi chat dengan kami untuk menanyakan informasi yang kurang jelas.

Kegiatan belajar bersama untuk anak TK menurut warga sekitar memberikan dampak yang positif bagi anak-anak, mereka cenderung antusias belajar bersama. Hingga saat ini kegitan belajar bersama masih berlangsung meskipun batas waktu pelaksanaan KKN sudah berakhir. Bukan hanya untuk anak TK, bahkan anak SD dan SMP pun ikut bergabung. Mereka meminta langsung kepada kami untuk memandu belajar mereka.

VIDEO PILIHAN