Mohon tunggu...
Nanda putrinur
Nanda putrinur Mohon Tunggu... Mahasiswa

Fighting

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Awal Mula Adanya Bahasa

31 Oktober 2020   11:35 Diperbarui: 31 Oktober 2020   11:43 14 3 0 Mohon Tunggu...

Komunikasi tentu diperlukan adanya bahasa, bahasa setiap negara memiliki macam macam bahasa tersendiri. Bahasa itulah yang menjadi ideologi suatu bangsa, seperti bahasa kita yaitu bahasa indonesia, dimana menjadi suatu tanda bahwa negara indonesia menggunakan bahasa indonesia, begitupun dengan bahasa negara lain yang menandakan negara tersebut.

Kita sebagai bangsa indonesia seharusnya lebih mengenal bagaimana awal mula bahasa kita, agar kita semakin bangga dengan bahasa negara kita. Bahasa indonesia bermula dari bahasa melayu yang digunakan kerajaan dijambi yaitu kerajaan melayu, bahasa ini akhirnya digunakan dihampir seluruh nusantara. 

Bahasa yang dikenal dengan bahasa melayu ini akhirnya dibentuk dan disahkan pada saat hari proklamasi kemerdekaan indonesia, bahasa yang kita gunakan ini termasuk penggunaan bahasa indonesia PUEBI yang disahkan pada tahun 2015 hingga saat ini, bahasa indonesia mengalami beberapa perubahan pada ejaan mulai dari ejaan van ophuijen lalu ejaan soewandi, ejaan pembaruan, ejaan melindo, ejaan LBK, ejaan yang disempurnakan, dan yang terakhir dan masih digunakan pada saat ini yaitu ejaan bahasa indonesia atau yang bisa dikenal dengan PUEBI atau pedoman umum ejaan bahasa indonesia.

Setelah mengetahui sejarahnya tentu kita harus tahu juga bagaimana fungsi bahasa indonesia, seperti yang kita ketahui bahwa bahasa sangatlah penting bagi kita makhluk sosial oleh karena itu fungsi dari bahasa yaitu sebagai pemersatu alat komunikasi, dan penghubung informasi pendidikan. Fungsi bahasa sangatlah penting bagi semua orang didunia ini bayangkan jika tidak ada bahasa, apakah kita bisa mencapai pendidikan hingga saat ini lalu bagaimana kita berkomunikasi, oleh karena itu mari kita pelajari bahasa dengan sebaik baiknya agar komunikasi antar individu bisa berjalan lancar dan mencapai pada tujuan.

VIDEO PILIHAN