Mohon tunggu...
Nanda Nuriyana SSiTMKM
Nanda Nuriyana SSiTMKM Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Praktisi dan Akademisi

BERTUGAS DI RUMAH SAKIT dr FAUZIAH BIREUEN BAGIAN KONSELOR HIV AIDS

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Menarche pada Remaja Putri dan Peran Penting Pendampingan Orang Tua

20 Desember 2021   16:00 Diperbarui: 21 Desember 2021   23:44 405 17 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi haid pertama | Sumber: Freepik

Mendampingi remaja dalam menapaki masa proses kedewasaan, merangkul penuh kasih sayang layaknya persahabatan, sehingga setiap apa yang ingin kita sampaikan menjadi pegangan dalam hidupnya.

Menstruasi adalah keluarnya darah dari vagina sebagai akibat siklus bulanan yang dialami wanita. Siklus ini terjadi secara alami dan merupakan bagian dari proses organ reproduksi wanita untuk mempersiapkan kehamilan. Kutipan ini telah penulis lansir dari Alodokter.com.

Berdasarkan pernyataan di atas, penulis ingin menguraikan mengenai seputaran menarche (haid pertama) pada remaja putri dengan berbagai seluk beluknya.

Yuk, simak beberapa penjelasan di bawah ini tentang menarche atau datangnya haid pertama pada remaja putri beserta pengalaman secara aktual lainnya.

Menstruasi merupakan proses kematangan alat reproduksi wanita, di mana kesiapan sel telur dalam menerima sel sperma untuk segera dibuahi, sehingga terjadinya sebuah kehamilan. 

Datangnya menstruasi pertama kali, rata-rata normal terjadi pada usia 9 sampai 13 tahun yang disebut menarche. Hal tersebut mempunyai keragaman berbeda di antara individu lainnya.

Beberapa remaja pada waktu mendapatkan haid pertama merasa sangat insecure berdekatan dengan kaum laki-laki  karena terbentuk sebuah mindset bila berpegangan atau bersentuhan dengan kaum lelaki akan terjadinya kehamilan, misalnya berjabat tangan, masase bagian tubuh dan lain-lain. Ada yang takut mandi di kolam renang umum, mandi di malam hari, makan buah-buahan kaya air, dll.

Perlu diketahui alasan ketakutan yang dialami oleh remaja putri akibat minimnya pengetahuan yang diterima, justru pembicaraan ini hanya berani disampaikan pada sesama teman remajanya kemungkinan besar pemahaman yang simpang siur.

Demikian pula, menstruasi pertama sudah adanya ketertarikan pada lawan jenis, organ-organ reproduksi perlahan bertahap mempersiapkan fungsinya secara maksimal dalam menunaikan tugas-tugas reproduksi wanita.

Pada dasarnya, orang tua lebih intens memperhatikan serta mendampingi remaja yang sedang mengalami menstruasi semata-mata demi tumbuh kembang seorang remaja untuk mengantisipasi beberapa gangguan menstruasi yang mungkin terjadi di usia tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan