Mohon tunggu...
Nancy Angeline
Nancy Angeline Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Music Pilihan

Melesatnya Perkembangan Budaya Korea di Indonesia

4 Desember 2018   14:19 Diperbarui: 4 Desember 2018   14:26 1007 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
https://highschool.latimes.com/daniel-pearl-magnet-high-school/hallyu-wave-male-k-pop-groups/

Jakarta --  Apakah kamu pernah mendengar istilah K-Pop? Apakah kamu mengetahui budaya K-Pop? K-Pop adalah suatu istilah atau sebutan dari Korean Pop, salah satu bentuk budaya populer Korea yang telah mendunia sekarang ini. Hampir semua orang setidaknya pernah mendengar ataupun mengetahui mengenai K-Pop beserta budaya Korea.

Hal tersebut dapat terjadi karena didukung dengan teknologi yang semakin berkembang seperti internet dan media sosial. Pendukung lain dari perkembangan budaya Korea yang cepat adalah terjadinya globalisasi. Seiring berjalannya waktu, budaya Korea meluas dan berkembang dengan sangat cepat di dunia internasional, termasuk di dalamnya adalah Indonesia. 

Budaya Korea telah banyak masuk ke kehidupan sehari-hari banyak orang di Indonesia, khususnya kaum wanita. Penyebaran budaya Korea yang cepat dan meluas tersebut didukung oleh perkembangan teknologi yang maju sekarang ini seperti internet dan media sosial.

Awal Masuknya Budaya Korea ke Indonesia

Sebenarnya, budaya Korea sudah masuk ke Indonesia cukup lama sejak tahun 2000-an dengan dimulainya penayangan drama Korea di saluran televisi Indonesia seperti Full House, Winter Sonata hingga Dae Jang Geum yang memang amat popular saat itu. Berawal dari tayangan drama Korea, proses penyebaran budaya Korea di Indonesia pun semakin berkembang seiring berjalannya waktu dengan ada beragam teknologi dan media yang mendukung proses tersebut. Proses perkembangannya pun tidak berhenti disana, hal tersebut dapat dilihat dari mulai masuknya budaya K-Pop ke Indonesia.

Pendobrakan dan Pengaruh Budaya Korea

Budaya K-Pop ini masuk dengan cepat dan meluas di Indonesia melalui internet dan media sosial. Budaya K-Pop ini dapat dikatakan sebagai sebuah 'pendobrak', dimana semakin banyaknya orang yang menjadi penggemarnya dan terpengaruh oleh budaya tersebut, khususnya kaum wanita dan remaja. 

Trihanna Kezya, seorang mahasiswi 21 tahun yang telah menjadi penggemar K-Pop cukup lama pun mengatakan bahwa budaya Korea dan K-Pop telah berkembang dengan sangat cepat dan meluas di Indonesia sehingga masuk ke dalam kehidupan sehari-hari para penggemarnya.

Sekarang ini, budaya Korea dapat dikatakan sebagai salah satu faktor kuat dalam kehidupan seseorang yang dapat mempengaruhi dirinya dalam tingkah laku, cara berbicara, dan cara berpakaian. Banyak orang yang terpengaruh dalam faktor tersebut disebabkan oleh melihat atau menyaksikan konten-konten budaya Korea di media massa ataupun media sosial.

"Dengan adanya globalisasi sekarang ini, semakin banyak orang dapat mengakses beragam konten yang diinginkan dengan mudah," ujar Trihanna.  Pendapat tersebut sesuai dengan penjelasan mengenai globalisasi melipat dunia yang luas menjadi sebuah media yang dapat dijangkau kapan pun dan dimana pun. 

Tidak ada lagi batasan lokalitas, seolah semua terhubung dalam satu komunitas yang sama. Hal tersebut memudahkan proses penyebaran budaya Korea dengan banyak orang dapat mengakses konten berbudaya Korea dan tanpa sadar maupun tidak sadar, tidak sedikit budaya Korea tersebut mempengaruhi kehidupan sehari-harinya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan