Mohon tunggu...
Media

Sekilas Mengenai Cyber PR yang Harus Kamu Ketahui

26 November 2016   06:38 Diperbarui: 26 November 2016   08:18 221 0 0 Mohon Tunggu...

Berkembangnya era teknologi seperti sekarang ini, tentunya semakin memudahkan manusia untuk membantu menyelesaikan segala aktivitasnya. baik aktivitas pekerjaan ataupun aktivitas kesehariannya. Di jaman seperti sekarang ini, bisa dikatakan bahwa manusia tidak bisa terlepas dari teknologi bahkan kecenderungan untuk ketergantungan dengan teknologi. seperti halnya sekarang, salah satu penggunaan teknologi yang tidak bisa terlepas dari keseharian manusia yaitu teknologi internet. 

Dengan hadirnya teknologi internet memudahkan manusia untuk mengakses informasi dari segala penjuru dunia tanpa batas, bukan hanya itu saja dengan kehadiran teknologi internet memudahkan manusia untuk berkomunikasi atau saling bertukar pesan tanpa henti. Teknologi internet bukan hanya digunakan untuk saling bertukar pesan antara individu satu ke individu lainnya, namun dengan kehadiran teknologi internet juga tak jarang dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan kecil maupun perusahan besar untuk mempermudah serta memperlebar sayap-sayap usahanya. penggunaan teknologi internet bagi perusahaan tak jarang juga untuk membangun citra, mengumumkan produk baru dari perusahaan, untuk jual beli dan lain sebagainya.

Demikian pula pemanfaatan teknologi internet dalam Public Relations, penggunaan media internet pada Public Relations dikenal dengan E-PR.

E = Electronic yaitu Mengacu pada media elektronik internet. Media ini dimanfaatkan PR untuk membangun merk (brand) dan memelihara kepercayaan (trust).

P = Public yaitu Media membantu perusahaan menjangkau publik lebih cepat dan luas serta sebaliknya.

R = Relations yaitu Melalui media internet hubungan yg sifatnya one-to-one dapat dibangun dalam waktu cepat karena sifat internet yg interaktif.

E-PR adalah Public Relations yg menggunakan media internet sebagai sarana publisitasnya. untuk di Indonesia sendiri istilah E-PR lebih dikenal dengan Cyber Public Relations.

Dengan demikian seluruh kegiatan PR dapat dilakukan melalui media internet baik kegiatan publikasi, peluncuran produk baru, bahkan interaksi komunikasi dengan publik menjadi lebih mudah dengan adanya media internet. Jika dalam dunia nyata, perusahaan dapat menyembunyikan informasi seputar perusahaan dan hanya mengedepankan produk. Namun dengan internet, seperti apapun perusahaan, karakternya, reputasinya, dapat langsung dilihat oleh siapa saja, mulai dari pelanggan, kompetitor, investor, wartawan dan bahkan musuh bisnis perusahaan. Terlepas dari kemudahan kinerja PR dalam melakukan kegiatannya, dengan media internet PR juga mengurangi penggunaan biaya. Seperti yg kita ketahui, program PR biasanya memakan biaya yg cukup besar, namun dengan adanya media internet bisa membantu penekan biaya alias akan jauh lebih murah dan tentunya lebih efektif dan efisien.

Berikut merupakan Manfaat Internet Bagi PR yaitu :

1. Komunikasi Konstan

2. Respon yg Cepat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x