Mohon tunggu...
Nanang Choerudinyahya
Nanang Choerudinyahya Mohon Tunggu... nEW wRITER

penulis amatiran yang sedang belajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa UNS Edukasi Pertanian di Tengah Pandemi kepada Wara Kampung Panggungrejo, Surakarta

1 Desember 2020   10:27 Diperbarui: 1 Desember 2020   10:37 16 1 0 Mohon Tunggu...

(Surakarta, 1/12/2020) Meluasnya pandemi Covid-19 pada awal 2020 mengakibatkan kegiatan KKN di Universitas Sebelas Maret Surakarta dilaksanakan secara daring untuk  memenuhi protokol kesehatan. Kegiatan KKN daring dalam rangka melawan pandemi Covid-19 dilaksanakan oleh mahasiswa UNS dari tanggal 2 Juni - 17 Juli 2020 di domisili masing-masing. 

Kampung Panggungrejo, Surakarta menjadi salah satu tempat kegiatan KKN daring yang dilaksanakan oleh mahasiswa pertanian bernama Nanang Choerudin Yahya (H0717097) dengan dosen pembimbing lapang Dr. Ir. Yudi Rinanto, M.P. Mengusung tema "Ketahanan Pangan selama Pandemi".

Selama pandemi berlangsung banyak warga yang resah akan kebutuhan sehari-hari terutama masalah pangan. Melalui kegiatan KKN Covid-19 sedikit dapat mengurangi kekhawatiran warga terhadap masalah pandemi. 

Kegiatan-kegiatan KKN yang diusung meliputi pembagian benih sayuran, budikdamber, pembuatan POC (Pupuk Organik Cair), paper pot, hidroponik sederhana, pembagian tempat cuci tangan, dan poster kesehatan. Selain itu juga sosialisasi kepada ibu-ibu warga kampung Panggungrejo tentang Covid-19 dan himbauan memakai masker serta menjaga kesehatan selama pandemi berlangsung. Kegiatan-kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan dan kesehatan warga sekitar saat dirumah saja. 

Warga Kampung Panggungrejo, Khususnya RT 02/RW 23 mengaku senang dengan adanya KKN Covid-19, terutama untuk kegiatan pembagian benih sayuran yang disertai media tanam. Warga Panggungrejo mengaku bahwa mereka kesusahan untuk berkebun atau menenam sesuatu di sekitar rumahnya dikarenakan keterbatasan lahan dan media tanam. 

Antusias warga terhadap berkebun sangat tinggi, hal ini dapat dilihat bahwa banyaknya warga yang sebelum adanya kegiatan ini sudah ada yang menanam kecil-kecilan di depan rumahnya. Sayuran seperti cabai, kangkung, dan bayam merah sangat diminati warga tersebut. Diharapkan dengan adanya kegiatan KKN Covid-19 tersebut kebutuhan pangan masyarakat dapat terpenuhi. Warga juga menjadi lebih waspada akan virus Covid-19 dan dapat menjaga kesehatan diri sendiri, keluarga, serta lingkungan sekitar

VIDEO PILIHAN