Mohon tunggu...
Nana
Nana Mohon Tunggu... Indonesia Negaraku

Hobi cuap-cuap dalam tulisan | IG : chuapsantai

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Belajar Bijaksana ala Kang Xi, Si Penguasa Tiongkok

20 Agustus 2019   20:55 Diperbarui: 20 Agustus 2019   21:01 0 10 2 Mohon Tunggu...
Belajar Bijaksana ala Kang Xi, Si Penguasa Tiongkok
Drama Seri The Duke of Mount Deer 2000 | Sumber : Yesasia.com

Awal saya mengetahui adanya Kaisar Kang Xi (dibaca Kangsi), itu dari drama seri yang berjudul The Duke of Mount Deer 2000. 

Drama seri ini diadaptasi dari novel Pangeran Menjangan karya Jin Yong (dibaca Cin Yong). Alkisah seorang anak pelacur yang memiliki rasa percaya diri dan pintar berbicara, akhirnya bisa melalang buana di dunia pemerintahan, dan mendapatkan jabatan tinggi.

Anak pelacur tersebut bernama Wei Xiao Bao (Wei Siao Pao). Tidak ada kelebihan dari anak ini selain pintar berkata-kata dan gayanya bak pendekar, tapi aslinya pengecut setengah mati. Cerdik dan beruntung adalah dua hal yang selalu menyelamatkan nyawanya dari segala ancaman pembunuhan. Gayanya yang sok tahu dan sok pendekar membawa ia menjadi sahabat sang Kaisar, Kang Xi. Ia menjadi orang yang sangat dipercaya oleh kaisar.

Namun, karena gayanya yang sok pendekar pula akhirnya ia pun menjadi murid seorang pendekar berilmu tinggi, yang ternyata pemimpin pemberontakan terbesar bagi Kerajaan dinasti Qing, Chen Jin Nan (dibaca Cen Cin Nan) dan Jiu Nan (dibaca Ciu Nan).

Pusing bukan main kepalanya, karena ternyata ia berdekatan dengan dua orang yang bertolak belakang dan saling bermusuhan. Wei Xiao Bao tidak bisa memilih salah satu dari mereka, sahabat atau gurunya, karena rasa setia kawannya. Ia merasa kaisar adalah saudaranya yang belum pernah ia miliki. Chen Jin Nan dan Jiu Nan sudah ia anggap seperti ayah sendiri, sosok yang tidak pernah ia miliki. 

Kang Xi, sang kaisar, hanya diam saja dan tetap bersahabat dengan Wei Xiao Bao. Banyak tugas penting yang didelegasikan kepada Wei Xiao Bao, hingga Wei Xiao Bao sangat terkenal sebagai anak  emas Kaisar. Hadiah yang berlimpah pun diberikan Kang Xi kepada Wei Xiao Bao ketika tugas yang diberikan dijalani dengan baik.

Hal ini terus berlangsung, sampai partai pemberontak mempercayakan perjuangan mereka kepada Wei Xiao Bao. Mereka menganggap Wei Xiao Bao akan membantu mereka memperjuangkan dinasti Ming untuk kembali berjaya. Hal tersebut ternyata memang sengaja dibiarkan oleh Kang Xi, dan dengan sengaja ia membiarkan semua orang tahu bahwa Wei Xiao Bao sangat dekat dengan dirinya.

Kang Xi ternyata dari awal sudah mengetahui bahwa Wei Xiao Bao menginjak dua perahu dalam satu laut, yakni setia pada dua tuan. Ia merasa marah dan kecewa, namun tidak pernah ia tunjukkan. Kepentingan negara lebih diutamakan daripada emosinya sendiri. Maka Kang Xi mulai memainkan bidak caturnya dengan strategis dan jitu. Ia membuat Wei Xiao Bao semakin dekat dengan pemberontak, sampai para pemberontak pun memberikan kepercayaan penuh pada Wei Xiao Bao.

Sampai suatu ketika Kang Xi meminta Wei Xiao Bao untuk membawa teman-teman pemberontaknya datang ke kerajaan. Datang untuk ditindaklanjuti, kematian bisa jadi sebagai penyelesaian masalah agar tidak terjadi pemberontakan lagi. Dan itu artinya membinasakan semua orang yang ada di partai pemberontak tersebut.

Sampai adegan ini, saya merasa tertarik sekali pada Kang Xi. Mungkin Anda yang membaca sepintas akan merasa Kang Xi adalah sosok kaisar yang licik. Yang saya ceritakan adalah cuplikan dari adegan film secara keseluruhan, yang memiliki jalinan cerita yang lebih panjang lagi.  Dalam drama seri ini, saya menangkap bahwa Kang Xi adalah orang yang sangat pintar dan memiliki prioritas. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x