Mohon tunggu...
Nayla I. Hisbiyah
Nayla I. Hisbiyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - WAKTUNYA KEMBALI KE MA'HAD LAGI. INSYAALLAH KETEMU LAGI YA..

📚 Mahasiswi Semester Akhir 🌱 Beginner 🍁 Worship | Work | Word | Worth | World 🦩 Menulis yang terbaik dari apa yang pernah dibaca, didengar, dilihat, dan dirasa.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Museum Majapahit Nostalgia Kerajaan Besar

10 Oktober 2021   01:22 Diperbarui: 10 Oktober 2021   01:59 183 12 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Museum Majapahit. Via kemuseum.org

Saat menginjakkan kaki di Mojokerto Jawa Timur dan sekitarnya, jangan heran jika menemukan banyak daerah yang di awali dengan kata "Mojo". Ada Mojoagung, Mojosari, Mojowarno, Mojogeneng, Mojolegi, Mojoranu, Mojoduwur, dan Mojopahit sendiri yang diabadikan menjadi nama sebuah jalan, yaitu Jl. Mojopahit salah satu pusat bisnis di Kota Mojokerto.

Semua itu tak lepas dari pohon buah mojo yang tersebar di daerah Mojokerto di masa lalu. Yang kemudian menjadi legenda asal mula dinamakan Mojopahit atau Majapahit.

Sebuah imperium besar dalam dunia sejarah raja-raja di Indonesia. Bagaimana tidak? Majapahit adalah kerajaan hindu terbesar dalam sejarah Nusantara. Kekuasaannya benar-benar sangat luas hingga hampir seluruh negara Asia Tenggara pernah tunduk dibawah kekuasaanya.

Kini tinggal nama. Terlepas dari cerita rakyat dari mulut ke mulut bahwa kerajaan Majapahit hingga kini masih ada namun dalam dimensi berbeda. 

Yang jelas, mari penulis ajak mengunjungi kenangan-kenangan kerajaan Majapahit yang masih nyata dan mari bernostalgia. 

Semua masih terekam dalam Museum Majapahit yang berlokasi di Jl. Pendopo Agung, Ngelinguk, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Berdirinya museum ini diprakarsai oleh R.A.A. Kromodjojo Adinegoro yang menjabat sebagai Bupati Mojokerto dan seorang Arkeolog berbangsa Belanda yang bernama Henry Maclaine Pont.

Ibarat album raksasa, deretan foto peninggalan kerajaan Majapahit masih tertempel dengan baik. Begitupun peninggalan berupa arca, keramik, gerabah, koin, barang-barang kuno, dan perhiasan masa lalu. Semua menggambarkan sebuah peradaban yang besar di masa silam.

Seperti kemampuan pengrajin perak, emas, perunggu, tembaga, kuningan, dan besi yang telah memiliki skill level tinggi. Pahat memahat, ukir mengukir, dan konstruksi bangunan.

Semua hasil karya dan peninggalan masih tersimpan dengan baik dibawah naungan Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jawa Timur.

Adapula miniatur rumah di zaman Majapahit, dan sebuah peta timbul yang menggambarkan luas kerajaan Majapahit. Dimana letak pintu masuk kerajaan, dan sebagainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan